Mengenaskan, Remaja Penderita Diabetes Ini Akhirnya Meninggal Karena Kelaparan

DokterSehat.Com – Nasib naas menimpa remaja berusia 15 tahun dari Kanada bernama Alexandru Radita. Bagaimana tidak, Alexandru yang diketahui mengidap penyakit diabetes tipe 1 ini meninggal dalam kondisi kelaparan dan tubuh kurus kerontang mengingat berat badannya hanya tinggal 16 kg. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Kematian Alexandru ini sebenarnya sudah terjadi pada tahun 2013 lalu. Namun, kasus ini kembali menjadi pembicaraan yang hangat di Kanada mengingat orang tua Alexandru, Emil dan Rodica, divonis bersalah oleh pengadilan karena dianggap membiarkan sang anak menderita hingga kelaparan dan meninggal dunia. Mereka pun harus menjalani hukuman penjara selama 25 tahun tanpa adanya pembebasan bersyarat.

Saat Alexandru dilaporkan meninggal dunia, petugas kesehatan sebenarnya sangat curiga dengan kondisi tubuh sang remaja. Bagaimana tidak, remaja ini sangat kurus, perutnya sangat tipis, dan beberapa giginya bahkan sudah hilang. Orang tua Alexandru hanya berkata bahwa anaknya ini menderita diabetes tipe 1 sejak lahir dan diyakini penyakit inilah yang menyebabkan kematiannya.

Pada bulan Desember tahun 2000, Alexandru sebenarnya sempat dilarikan ke rumah sakit karena kondisi kesehatannya semakin memburuk. Setelah kondisinya membaik, orang tua Alexandru sebenarnya diminta untuk memberikan perawatan khusus bagi anaknya yang menderita diabetes tersebut. Sayangnya, tiga bulan kemudian sang anak justru kembali dilarikan ke rumah sakit.

Petugas kesehatan sosial pun akhirnya memutuskan untuk mengambil inisiatif untuk mengasuh bocah malang ini demi kesehatannya. Namun, karena keluarganya pindah ke kota Alberta, mau tidak mau Alexandru harus kembali dirawat orang tuanya. Semenjak saat itulah Alexandru tidak mendapatkan perawatan yang memadai. Ia bahkan kerap dikurung di dalam kamarnya dan orang lain pun tidak diperkenankan untuk menjenguknya. Alexandru pun tak pernah lagi berangkat sekolah dan penanganan kadar insulin dalam tubuhnya pun semakin terbengkalai.

Baca Juga:  Tumbuh Tinggi Dengan Cepat, Remaja Ini Justru Terkena Diabetes Tipe 1

Karena kondisinya semakin memburuk, Alexandru pun akhirnya sekarat tanpa bisa melakukan apapun. Yang mengenaskan adalah, orang tuanya tidak segera menghubungi petugas kesehatan hingga akhirnya meninggal dunia dengan kondisi yang mengenaskan. Karena alasan inilah akhirnya petugas menuntut orang tua Alexandru yang dianggap tidak memberikan perawatan yang manusiawi bagi buah hatinya.