Mengenang Carrie Fisher Sebagai Pejuang yang Melawan Stigma Pada Penderita Bipolar

DokterSehat.Com – Setelah sempat dirawat di rumah sakit pada pekan kemarin, Carrie Fisher, pemeran Princess Leia pada film legendaris Star Wars akhirnya berpulang. Diketahui, sang aktris terkena serangan jantung pada saat menaiki pesawat dari Inggris menuju ke Amerika Serikat. Sejumlah nama besar dunia perfilman internasional pun berduka dan mengenang begitu banyak karya dan jasanya. Namun, salah satu hal yang akan diingat oleh Fisher adalah perjuangannya dalam melawan stigma pada penderita bipolar.



Pada saat muda, Fisher ternyata pernah terjebak dalam dunia hitam narkoba. Ia juga diketahui mengidap gangguan kejiwaan bipolar. Setelah berhasil berhenti sebagai pecandu narkoba, Fisher pun akhirnya tergerak untuk mengkampanyekan penghapusan stigma bagi penderita bipolar yang memang masih cukup buruk melalui media sosial hingga buku-buku yang Ia terbitkan.

Beberapa buku Fisher yang cukup terkenal dalam melawan stigma bagi penderita bipolar adalah buku Postcards From the Edge dan juga Wishful Drinking. Dalam kedua buku ini, Fisher menceritakan perjuangannya dalam melawan kecanduan narkoba dan juga mengatasi gangguan bipolar. Kedua hal ini tentu sangatlah berat dan mengganggu kehidupannya. Yang menarik adalah, di dalam buku ini, Fisher justru menceritakannya dengan penuh komedi sehingga alih-alih terlihat menyedihkan, buku ini justru terlihat segar. Sisi segar dari buku inilah yang Fisher harapkan mampu mengubah pandangan pada penderita bipolar yang kerap kali dianggap sebagai orang-orang yang mengerikan.

Fisher sendiri diketahui didiagnosis menderita bipolar pada usia yang masih sangat muda, yakni 25 tahun. Ia sendiri tidak pernah malu mengungkapkan jika dirinya adalah pasien gangguan jiwa. Hanya saja, Ia bangga karena sudah melalui fase-fase berat dalam hidupnya tersebut dan berhasil melawan gangguan bipolar sekaligus kecanduan narkoba. Ia pun berharap agar cerita hidupnya ini bisa menjadi inspirasi banyak orang, bukan hanya dikenang sebagai pemeran Princess Leia yang menawan.

Baca Juga:  Tak Hanya Lezat, Makanan Ini Ternyata Bisa Menurunkan Resiko Serangan Jantung Hingga 32 Persen!

May the Force be With You, Carrie Fisher.