Mengenal Vulvodynia, Penyakit yang Bisa Menyerang Organ Vital Wanita

DokterSehat.Com – Ladies, pernahkah anda merasakan adanya rasa nyeri dan pegal pada organ vital anda? Jangan pernah abaikan masalah ini karena bisa jadi ini adalah penyakit yang disebut sebagai vulvodynia atau yang juga memiliki nama lain vestibulodynia. Penyakit ini sendiri bisa menyebabkan adanya rasa sakit yang sangat kronis pada bagian vulva atau bukaan dari vagina. Setidaknya, 15 persen wanita di dunia ini mengalami penyakit ini. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Pakar kesehatan menyebutkan jika masih belum benar-benar diketahui apa penyebab dari munculnya penyakit ini. Namun, diketahui jika jika vulvodynia terjadi karena adanya gangguan pada serabut saraf yang ada di sekitar vagina. Selain bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat terasa dan adanya kesensitifan yang berlebihan jika disentuh, rasa sakit pada vagina ini juga bisa datang dan pergi begitu saja atau bahkan bisa muncul dalam waktu yang sangat lama dan membuat wanita merasa sangat menderita.

Vulvodynia sendiri kerap kali digambarkan sebagai penyakit yang memberikan sensasi terbakar, menyengat, dan juga gatal-gatal yang luar biasa. Andai wanita memaksakan diri untuk melakukan hubungan seksual ketika sudah mulai merasakan gejala dari vulvodynia ini, maka rasa sakit ini akan menjadi semakin terasa mengingat hubungan intim akan membuat klitoris, perineum, mons pubis, dan bagian vagian secara keseluruhan akan tertekan.

Pada bagian vulva atau bagian terluar dari vagina, penyakit ini juga bisa menyebabkan sensasi berupa iritasi hingga rasa sakit yang sangat luar biasa dan bahkan bisa berlangsung dalam waktu tiga bulan lamanya. Selain itu, bagian uretra juga akan terasa sangat sakit meskipun hanya karena sentuhan atau bahkan karena terkena celana dalam.

Baca Juga:  Kanker Prostat - Diet

Satu hal yang pasti, andai wanita sudah merasakan gejala-gejala vulvodynia ini, ada baiknya segera memeriksakan kondisinya ke dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.