Mengenal Virus HIV

DokterSehat.com – Penyakit Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah suatu jenis penyakit dimana kekebalan tubuh penderita akan turun secara drastis. Infeksi virus HIV menghancurkan sel-sel limfosit yang berfungsi melawan kuman penyakit. Akibat hancurnya sel ini maka tubuh tidak memiliki “tentara” cukup untuk melawan kuman penyakit. Penurunan kekebalan tubuh ini akan mengakibatkan banyak infeksi ringan yang seharusnya tidak mengakibatkan penyakit pada individu sehat, memberikan gejala yang berat pada penderita HIV.



Saat ini tidak ada obat yang dapat menghancurkan virus HIV, dengan kata lain penyakit HIV tidak memiliki obat. Hanya ada satu laporan kasus dimana penderita HIV dapat sembuh sempurna. Obat-obatan yang tersedia saat ini hanya bersifat menghambat pertumbumbuhan virus HIV, sehingga penderita HIV dapat hidup secara normal, meskipun di dalam tubuh mereka masih terdapat virus HIV dan tetap berpotensi menularkan ke teman terdekatnya.

Obat-obatan yang digunakan untuk menekan replikasi virus pada penderita HIV dinamakan obat ARV (Anti Retroviral Virus). Obat-obatan ini perlu dikonsumsi setiap hari secara teratur. Ketaatan minum obat ARV yang buruk akan berakibat fatal untuk dirinya sendiri, dan juga dapat mengakibatkan resistensi virus HIV terhadap obat ARV yang dikonsumsinya.

Pemeriksaan laboratorium yang dilakukan berkala sangatlah penting untuk menjaga keamanan dan mengetahui keefektifan obat ARV dalam menekan replikasi virus HIV. Pemeriksaan CD4+ dan pemeriksan viral load merupakan jenis pemeriksaan yang dilakukan. Pemeriksaan ini merupakan jenis pemeriksaan yang cukup mahal yang hanya bisa dilakukan di pusat kesehatan.

Pengobatan ARV dapat memperpanjang usia harapan hidup penderita HIV namun hal ini sangat terkait dengan gaya hidup penderita dan ketaatannya dalam mengkonsumsi obat ARV secara teratur. Tidak ada metoda yang paling ampuh dalam mencegah penyebaran penyakit HIV selain memiliki gaya hidup sehat dan tidak melakukan tindakan yang memiliki risiko terinfeksi virus HIV.

Baca Juga:  Studi: Rata-Rata Masyarakat Indonesia Kehilangan Keperawanan Pada Usia 19 Tahun

Banyak rumor yang tidak benar beredar di masyarakat mengenai penyebaran virus HIV, atau harapan hidup penderita HIV. Informasi kesehatan terpercaya merupakan suatu hal yang amat penting bagi masyarakat luas sekarang ini. Informasi bertebaran dimana-mana seringkali mengaburkan pengetahuan kita yang benar akan suatu penyakit.

Ditulis oleh Rudolf
Redaksi Internis.org