Mengenal Treatment Gonorrhea

Dokter Sehat – Beberapa macam infeksi penyakit menular seksual dapat menghilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu, namun tidak sama halnya dengan infeksi gonorrhea. Jika treatmentnya ditunda, maka kemungkinan besar infeksi tersebut menjadi komplikasi yang serius dan dapat mengancam kesehatan.



Seperti dikutip dari laman nhs.uk, gonnorhea dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotic. Jenis antibiotic yang biasanya dipakai untuk treatment gonnorhea adalah ceftriaxone, cefixime, dan spectinomycin. Antibiotik ini biasanya diberikan dalam bentuk injeksi, namun ada juga antibiotik berupa pil yang dikonsumsi secara oral.

Baru-baru ini, dari beberapa penelitian terkini didapat fakta bahwa gonorrhea menjadi cukup kebal terhadap beberapa jenis antibiotik, terutama jenis antibiotik yang dulu sering dipakai seperti penisilin. Akibatnya, jenis antibiotic tersebut kini jarang dipakai lagi dalam treatment gonorrhea.

Seseorang yang berpeluang besar terinfeksi gonorrhea akan segera mendapatkan treatment sekalipun hasil tes gonorrheanya belum keluar, hal ini biasanya akan dilakukan kepasa seseorang yang diketahui memiliki partner seks yang terinfeksi gonorrhea.

Selama treatment berlangsung, penderita infeksi gonorrhea dilarang untuk melakukan aktivitas seksual apapun. Larangan ini diberlakukan hingga program treatmentnya selesai, hal ini berguna untuk mencegah kembalinya infeksi dan mencegah penularan gonorrhea kepada orang lain.

Cara mencegah gonorrhea :

1.Cara yang paling pasti untuk mencegah penyebaran penyakit menular seksual adalah dengan tidak melakukan hubungan seks.

2.Berhubungan seks secara monogami, pastikan pasangan tidak terinfeksi.

3.Penggunaan kondom dapat mengurangi risiko penularan penyakit.

4.Pastikan toilet yang digunakan higienis, hindari penggunaan toilet duduk ditempat umum.

5.Segera obati bila ada keluhan seperti diatas

Pengobatan

Segera periksa ke dokter spesialis penyakit kelamin di rumah sakit jakarta pusat jika anda mempunyai gejala penyakit gonore, dokter pasti akan memeriksa anda atau pasangan anda, seperti ia akan segera mengambil sebuah sekret dari sebuah vagina atau bahkan dari penis , tujuanya untuk dianalisa. Antibiotik yaitu pengobatan dan penyembuhan untuk penyakit gonore. Jika pasangan seksual anda positif terkena gonore maka segera periksakan ke dokter dan diobati secepat mungkin. Semua itu berlaku agar pasangan seksual anda selama dua bulan terakhir ini atau bahkan pasangan seksual anda terakhir, jika selama dua bulan ini tidak ada kegiatan berseksual. Banyak sekali antibiotik yang aman yang dapat di gunakan untuk pengobatan gonore, juga untuk pembasmian N.gonorrhoeae, juga untuk menghentikan proses penularan, pengurangan ciri-ciri atau gejala-gejalanya dan pengurangan yang mungkin masih terjadi sisa gejala. Antibiotik yang tepat dan utama yaitu penisilin plus probenesid.

Baca Juga:  4 Tanaman Herbal Hebat Cegah Kanker

Gonore biasanya diobati dengan suntikan tunggal seftriakson intramuskuler (melalui otot) atau dengan pemberian antibiotik per-oral (melalui mulut) selama 1 minggu (biasanya diberikan doksisiklin). Jika gonore telah menyebar melalui aliran darah, biasanya penderita dirawat di rumah sakit dan mendapatkan antibiotik intravena (melalui pembuluh darah, infus).