Mengenal Spermatokel Atau Kista Spermatik

DokterSehat.com – Spermatokel, atau Kista Spermatik adalah suatu penyakit yang berupa terbentuknya kantung abnormal atau kista yang terisus dengan cairan dan sperma mati di dalam bagian epidimis, suatu saluran bergulung padat yang berada di bagian belakang testis dimana sperma biasanya tersimpan dan matang. Penderita jenis penyakit ini biasanya tidak merasakan gejala apapun, jadi, meskipun sebenarnya terjadi pembengkakan, penderita penyakit ini tidak merasa nyeri sama sekali.



Meskipun cukup mengganggu, spermatokel atau kista spermatic ini ternyata tidak termasuk dalam jenis penyakit kanker dan bahkan tidak mengganggu kesuburan kaum pria. Namun, jika spermatokel atau kista spermatic ini tumbuh semakin besar, maka penderitanya akan sangat merasa tidak nyaman.

Diagnosa awal dari penyakit ini biasanya berdasarkan pada hasil pemeriksaan fisik yang berupa adanya massa di dalam skrotum yang unilateral (hanya ditemukan pada salah satu testis) berbentuk lunak, licin, dan berfluktuasi, berbatas tegas maupun padat.

Spermatokel atau kista spermatic ini termasuk dalam jenis penyakit yang jinak, dan bahkan banyak pakar yang bilang penyakit ini sebenarnya tidak perlu diobati, meskipun memang untuk beberapa kasus harus dilakukan pembedahan untuk membuang kandungan berupa darah, cairan, ataupun sel-sel yang mati di dalam. Pengobatan biasanya dilakukan jika penderita penyakit ini sudah merasa sangat terganggu dan tidak nyaman karena kondisi alat kelaminnya semakin membesar atau ada kemungkinan dapat mengancam aliran darah ke bagian testis. Selain adanya pembedahan, jenis pengobatan berupa pengisapan cairan atau juga dapat disebut sebagai aspirasi dengan bantuan jarum juga dapa dilakukan. Hanya saja, terkadang cara pengobatan terakhir ini tidak benar-benar menuntaskan penyakit ini sehingga dapat kambuh kembali ataupun menyebabkan infeksi.