Mengenal Skoliosis, Penyakit yang Membuat Punggung Terasa Sakit

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang bisa menyerang tulang punggung adalah skoliosis. Tak hanya bisa memicu rasa sakit, skoliosis bisa membuat tulang belakang menjadi semakin lemah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang penyakit ini.

doktersehat-encok-sakit-punggung-hernia

Penyebabnya ternyata belum diketahui
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa belum diketahui secara pasti apa penyebab dari skoliosis. Namun, ada dugaan bahwa kebiasaan seseorang untuk duduk, tidur, berdiri, atau melakukan aktifitas lainnya dengan postur yang buruk bisa menjadi pemicu masalah tulang ini.

Scoliosis tidak selalu menimbulkan gejala
Skoliosis ternyata tidak selalu menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit pada punggung seringkali muncul sesekali saja, namun, rasa nyeri ini bisa membuat pengidapnya sangat menderita.

Mengubah postur tulang belakang
Tak hanya membuat tulang belakang melengkung, penderita skoliosis juga akan mengalami perubahan postur tulang belakang sehingga membuat bentuk tubuhnya berubah menjadi tidak normal.

Rasa sakitnya berbeda-beda
Penderita skoliosis bisa merasakan nyeri yang berbeda-beda, dari yang tidak begitu terasa hingga yang sangat terasa sehingga membuat mereka sulit untuk beraktifitas atau kejang-kejang.

Sulit untuk membungkuk
Penderita skoliosis cenderung sulit untuk membungkuk atau mengambil beberapa barang. Dalam banyak kasus, penderita skoliosis bahkan bisa kesulitan untuk duduk di kursi.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak menyepelekan rasa sakit pada punggung yang bisa jadi adalah tanda dari skoliosis. Segeralah memeriksakan sensasi tidak nyaman pada punggung pada dokter agar bisa segera diatasi.