Mengenal Siwak, Akar Pohon yang Digunakan Nabi Muhammad Untuk Membersihkan Gigi

DokterSehat.Com – Salah satu cara untuk mencegah datangnya masalah bau mulut adalah dengan rutin membersihkan gigi dan mulut, khususnya setelah makan dan sebelum tidur. Namun, tahukah anda jika kebiasaan membersihkan gigi ini juga sudah diterapkan oleh Nabi Muhammad? Hanya saja, Nabi tidak menggunakan sikat gigi dan pasta gigi modern yang kita gunakan sekarang ini. Beliau menggunakan akar pohon siwak yang uniknya ternyata juga masih banyak digunakan sebagian masyarakat Timur Tengah untuk membersihkan giginya. Seperti apakah siwak yang bisa membersihkan gigi ini?



Pakar biologi menyebutkan jika pohon siwak ternyata memiliki ukuran yang cenderung kecil dengan dahan yang melengkung dan kulit yang pecah-pecah. Ranting pohon siwak yang berserat juga memiliki aroma yang enak dan rasa yang tajam sehingga bisa digunakan sebagai sikat gigi. Namun, sebenarnya, akar pohon siwaklah yang banyak digunakan sebagai pembersih gigi. Pohon siwak sendiri banyak ditemui di lingkungan yang cenderung kering layaknya gurun atau tepi sungai di Jazirah Arab, Afrika Utara, atau bahkan India.

Sejarah membuktikan bahwa siwak ternyata sudah digunakan sejak jaman Mesopotamia kuno sebagai alat yang bisa membersihkan gigi dan mulut. Bahkan, penggunaan siwak juga menyebar hingga ke Kerajaan Yunani dan Romawi hingga akhirnya diadopsi oleh Kerajaan Islam.

Menurut pakar kesehatan, akar siwak ternyata memiliki kandungan potassium, sodium karbonat, kalsium oksida, sodium, hingga klorida yang bisa membuat bagian enamel gigi menjadi lebih kuat. Kulit pohon siwak juga memiliki antibiotik alami yang bisa mencegah perkembangan bakteri atau plak pada gigi yang bisa menyebabkan masalah seperti gigi berlubang. Dr. Mohammad Ramzi yang merupakan pakar kesehatan gigi di Swiss sendiri sangat menyarankan penggunaan siwak untuk membersihkan gigi setidaknya tiga kali dalam sehari. Untuk mendapatkan manfaat kebersihan yang maksimal, kita juga bisa mengkombinasikan siwak dengan penggunaan benang gigi.