Mengenal Sindrom Reye, Penyakit Penyebab Kerusakan Otak Pada Anak

DokterSehat.Com – Sindrom reye adalah sebuah penyakit yang sebenarnya cukup langka di dunia. Meskipun begitu, penyakit yang ditemukan oleh Douglas Reye pada tahun 1963 sangatlah patut untuk diwaspadai mengingat kecenderungannya untuk menyerang otak dari anak dengan usia 4 tahun. Tentu kita sebagai orang tua harus mewaspadai penyakit ini. Berikut adalah berbagai informasi tentang penyakit sindrom reye yang menyerang otak anak kecil atau balita.

doktersehat-Multiple-Sclerosis

Sebagaimana layaknya berbagai sindrom yang cukup langka di berbagai belahan dunia manapun, sindrom reye juga cenderung disebabkan oleh adanya infeksi dari virus yang langka. Pakar kesehatan pun menyerukan orang tua untuk mewaspadai kesehatan anak-anaknya karena serangan virus ini cenderung muncul usai adanya musim flu maupun musim cacar air. Jika seorang anak terkena serangan virus sindrom reye ini, dikhawatirkan serangan ini langsung mengarah ke organ otak atau hati. Pakar kesehatan menyebutkan jika salah satu penyebab utama serangan sindrom ini adalah konsumsi obat aspirin yang sangat berlebihan pada balita maupun bayi untuk mengatasi flu atau pilek.

Sindrom reye ini cukup sulit dideteksi mengingat tanda-tandanya cenderung mirip dengan penyakit ringan layaknya cacar air, flue, pilek, atau bahkan diare. Namun, anak-anak yang terkena sindrom reye ini akan cenderung mengalami diare dengan frekuensi buang air besar yang sangat sering dan pernafasannya pun cenderung lebih cepat. Selain itu, anak cenderung mudah mengalami rasa lelah ataupun mengantuk. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan bayi mengalami kejang-kejang hingga meracau, kehilangan fungsi indera penglihatan dan pendengaran, dan bahkan dalam beberapa kasus mengalami koma.

Pakar kesehatan menyebutkan jika informasi sindrom reye sendiri masih sangat minim sehingga banyak dokter yang mendiagnisa penyakit ini sebagai penyakit meningitis. Beruntung, banyak dokter yang kini mulai mewaspadai penyakit ini dan melakukan berbagai tes secara mendalam sehingga rasio anak yang berhasil mengalahkan penyakit sindrom reye pun meningkat hingga 80 persen. Salah satu kunci dari keberhasilan anak mengalahkan penyakit ini adalah sigapnya orang tua yang segera melaporkan kondisi buah hatinya jika ada tanda-tanda penyakit yang tidak beres muncul.