Mengenal Sindrom Geriatri, Kondisi yang Dialami Yon Koeswoyo Sebelum Berpulang

DokterSehat.Com– Meninggalnya pentolan band legendaris Koes Plus, Yon Koeswoyo, masih menjadi perbincangan hangat masyarakat. Yon memang berpulang di usia yang cukup tua, yakni 77 tahun. Namun, dikabarkan bahwa dirinya mengalami berbagai komplikasi penyakit di akhir masa hayatnya sehingga harus sering mengunjungi rumah sakit.

Yon Koeswoyo-doktersehat

Photo Credit: detik.com

Menurut pakar kesehatan dari FKUI/RSCM bernama Dr. Ari Fahrial Syam, mereka yang sudah berusia lebih dari 60 tahun dan mengalami lebih dari satu masalah kesehatan dalam dunia medis disebut sebagai penderita sindrom geriatri.

Sebenarnya geriatri adalah salah satu bidang dalam dunia kesehatan yang dikhususkan untuk mempelajari kondisi fisiologis atau penyakit yang dialami oleh orang lanjut usia. Sementara itu sindrom geriatri bisa dianggap sebagai kondisi yang dialami oleh mereka yang berusia lanjut layaknya terganggunya fungsi kognitif, hingga terganggunya mobilitas dan aktifitas harian. Masalah kesehatan ini memang kerap muncul pada para lansia seiring dengan semakin menurunnya fungsi tubuhnya. Tak hanya itu, menurunnya sistem kekebalan tubuh juga ikut membuat para lansia ini mudah terkena penyakit berbahaya.

Dr. Ari menyebutkan bahwa penyebab utama dari munculnya sindrom geriatri adalah gaya hidup yang tidak sehat sejak usia muda. Tak hanya tentang pola makan yang tidak sehat atau malas berolahraga. Banyak orang yang kini memiliki hobi merokok atau menenggak minuman beralkohol. Padahal, berbagai hal ini bisa mempengaruhi sistem dan organ yang ada di dalam tubuh atau menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit.

Agar tidak sampai terkena sindrom geriatri, ada baiknya memang kita menjaga gaya hidup sehat sejak usia muda layaknya tidur cukup, mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang, rajin berolahraga, dan menghindari asap rokok dan minuman beralkohol.