Mengenal Penyebab Lidah Putih

DokterSehat.Com – Lidah adalah salah satu bagian mulut yang cenderung kurang kita perhatikan kesehatannya, khususnya jika dibandingkan dengan gigi atau gusi yang memang rentan mengalami rasa sakit jika tidak dirawat dengan baik. Umumnya, lidah yang memang berfungsi sebagai pengecap makanan memiliki warna yang cenderung pink. Namun, kadangkala lidah bisa berubah warna menjadi putih dan terasa agak kurang nyaman. Apakah yang menyebabkan masalah lidah putih ini?

doktersehat-lidah

Munculnya lidah putih secara umum disebabkan karena papila, atau semacam nodul-nodul kecil para permukaan lidah mengalami pembengkakan. Pembengkakan pada papila ini bisa berasal dari bakteri, makanan, atau bahkan sel-sel mati yang tidak terbuang dengan baik. Meskipun lidah putih secara umum tidak berbahaya, namun rasa tidak nyaman pada lidah tentu akan cukup mengganggu. Penyebab pertama dari munculnya lidah putih adalah kondisi leukoplakia atau lidah, dan mulut secara umum memang terjadi pembentukan bercak berwarna putih. Bercak putih ini berasal dari kondisi sel atau protein keratin yang berlebihan pada mulut. Uniknya, bercak-bercak ini bisa dengan mudah dihilangkan dengan sikat. Hanya saja, jika leukoplakia dibiarkan hingga bertahun-tahun, maka kondisi ini bisa menjadi kanker. Mereka yang merokok atau hobi menenggak alkohol memiliki resiko besar mendapatkan masalah leukoplakia ini.

Penyebab kedua dari lidah putih adalah candidiasis atau kondisi dimana jamur candida albicans, jamur yang memang secara alami berada di dalam mulut tumbuh terlalu cepat. Candidiasis ini bisa menyebabkan sensasi perih atau terbakar selain bercak-bercak putih atau merah. Biasanya candidiasis lebih sering terjadi pada bayi dan para lansia. Namun, beberapa orang yang mengalami diabetes atau sistem imun yang cenderung lemah juga beresiko mendapatkan masalah candidiasis ini.

Baca Juga:  Jangan Lupa Minum Air Putih Sebelum Tidur

Penyebab lidah putih berikutnya adalah orallichen planus dimana lidah akan memiliki garis berwarna putih atau bercak putih. Selain memberikan garis-garis atau bercak putih, mulut juga cenderung terasa tidak nyaman dan terasa perih. Seringkali maslaah orallichen planus akan hilang dengan sendirinya, namun, untuk mencegah masalah ini muncul kembali, kita harus mengurangi makanan yang rentan menyebabkan iritasi dan juga kebiasaan merokok.