Mengenal Penyakit Varises Dan Cara Mencegahnya

DokterSehat.Com – Penyakit varises kerap kali dikenal sebagai otot-otot yang terlihat jelas pada kaki, khususnya pada betis. Sebenarnya, benjolan berbentuk tidak teratur dengan warna hijau kebiruan dibalik kulit itu adalah pembuluh darah yang terjadi karena bertumbuknya aliran darah dari dan ke arah jantung. Varises kerap kali dianggap sebagai hal yang mengganggu penampilan kaki dan banyak orang yang bahkan memilih untuk terus memakai celana panjang agar menutupi varises pada kakinya.

doktersehat-varises

Varises sendiri ternyata bukan hal yang berbahaya. Memang, varises yang dibiarkan begitu saja bisa membuat kaki menjadi lebih mudah bengkak, kram, atau bahkan terasa berat untuk berjalan. Namun, sangat kecil kemungkinan masalah varises ini menjadi masalah kesehatan yang berbahaya. Tahukah anda, varises ternyata bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Banyak pakar kesehatan yang berpendapat bahwa perkembangan vena yang kurang baik karena faktor gen menjadi penyebab cacat pada struktur dan katupnya sehingga menciptakan masalah varises di kaki bahkan di usia yang sangat muda.

Jika anda ingin mencegah varises agar tidak terjadi pada kaki anda, maka cara pertama yang harus anda lakukan tentu adalah dengan melakukan olahraga dengan teratur. Olahraga rutin bisa membuat otot menjadi lebih kuat dan mampu mendukung kinerja vena sehingga terciptanya varises. Jika anda sudah terlanjur memiliki varises, maka olahraga juga bisa membuat banyak darah mengalir kembali ke organ jantung karena adanya konstraksi pada otot-otot paha, tungkai, dan juga bokong. Olahraga layaknya berjalan, bersepeda, berenang, hingga senam aerobik bisa dilakukan untuk kebutuhan ini.

Salah satu penyebab varises adalah berat badan yang berlebihan sehingga pembuluh vena pun terbebani dengan banyaknya darah yang harus dialirkan melaluinya. Kecenderungan orang yang kelebihan berat badan yang lebih tidak banyak bergerak pun bisa membuat pekerjaan pembuluh vena menjadi semakin berat. Anda bisa mulai mengurangi berat badan dan melakukan berbagai kegiatan yang positif layaknya tidak duduk terlalu lama untuk keperluan pekerjaan. Cobalah untuk mengambil jeda dan meluruskan kaki dan setidaknya berjalan-jalan sejenak agar aliran darah pun menjadi lancar dan varises pun akan tidak mudah datang.