Mengenal Penyakit Tulang

DokterSehat.Com– Sebagai bagian dari tubuh manusia, tulang pun tak lepas dari serangan berbagai penyakit. Beberapa jenis penyakit tulang dapat diredakan rasa sakitnya dengan perawatan sendiri di rumah, namun beberapa lainnya harus ditangani oleh dokter.

doktersehat-tulang-kaki-sendi-lari-jalan

Sakit punggung
Tulang punggung adalah tiang utama susunan kerangka. Tulang ini menjadi sasaran tenaga mekanis yang besar seperti ketika mengangkat beban, membawa beban, atau melompat. Sakit punggung adalah salah satu penyakit tulang yang paling lazim.

Sakit punggung ini dapat terjadi karena susunan tulang dan otot Obesitas atau kegemukan membuat sikap tubuh tidak lurus sehingga terasa menyiksa dan melemahkan susunan tulang punggung.KehamilanMenstruasiPenyakit ginjalPenyakit infeksiKeletihanRadang sendi menahunAda piringan sendi yang tergelincir.

Jika rasa penyakit tulang punggung ini menyerang, berbaringlah dengan santai di tempat tidur yang kokoh. Dapat juga dengan mengompres bagian yang sakit dengan air panas atau dipijit. Jika sakit punggung terasa berkepanjangan dan sangat menyiksa, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Kaki bengkok
Kaki yang bengkok terjadi karena adanya gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau karena tulang itu rapuh. Bisa juga terjadi karena penyakit beri-beri, polio, bahkan lumpuh otak. Berat badan dan kebiasaan duduk di lantai dengan melipat kaki juga dapat membuat kaki menjadi bengkok.

Kaki bengkok yang terjadi pada usia dewasa mungkin disebabkan oleh radang sumsum tulang, patah tulang, tulang sendi yang memburuk, atau penyakit sifilis tulang. Penyakit tulang seperti ini tidak dapat diobati sendiri di rumah namun harus segera ditangani oleh tenaga medis.

Pembengkakan ibu jari (Bunions)
Bunions adalah pembengkakan pada jaringan sendi ibu jari kaki yang menjadi lunak dan sangat sakit. Penyakit ini biasanya menyerang kedua ibu jari kaki pada saat yang bersamaan.

Baca Juga:  Apa itu Ambeien?

Pembengkakan ibu jari kaki ini terjadi sebagai akibat penggunaan sepatu yang tidak cocok, berujung lancip, atau kesempitan. Sepatu yang sempit itu memaksa dan menekan jari-jari kaki. Tulang sendi jadi menonjol dan lebih mudah mendapat tekanan.

Lengkungan tulang punggung (Kyphosis, Lordosis, Scoliosis)
Kyphosis adalah tulang punggung yang melengkung dengan bongkol menonjol ke belakang. Kyphosis ini sering disebabkan oleh TBC pada tulang punggung.Lordosis adalah  tulang punggung yang melengkung di bagian bawah.Scoliosis adalah tulang punggung yang melengkung ke samping.

Lengkungan tulang punggung ini dapat terjadi karena posisi tulang punggung yang salah terus saja dibiarkan dalam waktu yang lama atau karena kurang berolah raga.

Calcaneal spur (Sakit pada tumit)
Sakit pada tumit ini terjadi akibat ketegangan yang berlebihan karena memikul beban berat. Akibatnya, timbul tonjolan tulang seperti taji di bawah tulang tumit.

Merendam kaki yang sakit di dalam air panas dan mengurutnya satu dua kali sehari dapat membantu melancarkan peredaran darah di kaki dan mengurangi rasa sakit. Jika sakit di tumit ini terasa terus mengganggu, sebaiknya segera berobat ke dokter.