Mengenal Penyakit Parkinson

DokterSehat.Com – Mungkin kita banyak mendengar penyakit ini melalui petinju legendaris yang bernama Muhammad Ali. Penyakit Parkinson itu sendiri merupakan degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit Parkinson adalah terjadinya tremor atau gemetaran.

doktersehat-parkinson

Pada gejala-gejala penyakit Parkinson pada tahap awal sulit dikenali, misalnya :

  • Merasa lemah atau terasa lebih kaku pada sebagian tubuh.
  • Gemetaran halus pada salah satu tangan saat beristirahat.

Setelah gejala awal di atas, maka akan muncul gejala-gejala yang akan dialami oleh penderita penyakit Parkinson:

  • Tremor makin parah dan menyebar.
  • Otot terasa kaku dan tidak fleksibel.
  • Pergerakan menjadi lambat.
  • Berkurangnya keseimbangan dan juga koordinasi tubuh.

Penderita penyakit ini juga bisa mengalami gejala fisik dan psikologis lain seperti depresi, konstipasi, sulit tidur atau insomnia, kehilangan indera penciuman atau anosmia, bahkan muncul masalah daya ingat. Semua orang bisa terkena penyakit ini, tapi lebih umum terjadi pada kalangan orang tua dan lebih cenderung terjadi kepada laki-laki. Kebanyakan orang mulai mengalami gejala penyakit Parkinson ketika usia mereka memasuki 50 tahun. Tapi ada sekitar 5 persen orang yang mengalami gejalanya pada usia 40 tahun.

Penyebab Penyakit Parkinson
Penyakit Parkinson mempengaruhi bagian kecil dari otak tengah yang bernama susbstantia nigra. Fungsi dari substantia nigra adalah mengirim pesan ke saraf-saraf di saraf tulang belakang yang mengendalikan otot-otot pada tubuh. Pesan dikirimkan dari sel otak, ke saraf dan otot dengan memanfaatkan senyawa kimia yang disebut neurotransmiter. Salah satu neurotransmiter utama yang dihasilkan oleh sel otak disubstantia nigra adalah dopamin. Pengaturan gerakan dari tubuh sangat dipengaruhi oleh dopamin. Saat jumlah dopamin menurun akan menyebabkan aktivitas otak akan terganggu. Inilah yang menyebabkan munculnya tanda-tanda dan gejala penyakit Parkinson.

Baca Juga:  Anak Yang Sering Bermain di Luar Rumah Akan Cenderung Lebih Sehat

Penyebab menurunnya dopamin ini masih belum diketahui. Tapi terdapat beberapa faktor yang bisa memicu hal ini, seperti faktor keturunan dan faktor lingkungan.

Perlu diketahui, tidak semua penderita penyakit Parkinson mengalami seluruh gejala di atas. Ada sebagian penderita penyakit Parkinson yang hanya mengalami gejala ringan dan tidak mengganggu aktivitas keseharian mereka. Secara singkat penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Dengan demikian, pengobatan yang paling tepat adalah yang dapat memacu/ merangsang regenerasi sel syaraf yang rusak tersebut. Yang paling penting adalah ketika kita menemukan gejala awal penyakit ini alangkah baiknya kita segera memeriksakan diri ke dokter khususnya dokter spesialis saraf untuk mendapat penanganan yang segera. Penanganan segera dan latihan yang terus menerus dapat mengurangi gejala walalupun dalam beberapa studi menyebutkan penyakit ini tidak bisa memberikan kesembuhan sempurna bagi para penderitanya.