Mengenal Penyakit Otitis Media, Infeksi Pada Bagian Dalam Telinga

DokterSehat.Com – Anak-anak ternyata juga memiliki resiko untuk mendapatkan gangguan pada telinganya. Salah satunya adalah infeksi yang menyerang telinga bagian tengah atau yang disebut sebagai otitis media. Otitis media sendiri adalah sebuah infeksi yang akan menyerang bagian belakang gendang telinga, tepatnya pada bagian tiga tulang kecil yang seharusnya memiliki fungsi untuk menangkap sinyal suara, getaran, dan pada akhinya menyalurkan sinyal tersebut ke bagian dalam telinga. Jika bagian tengah telinga ini terganggu, maka pendengaran pun akan menjadi bermasalah.

doktersehat-telinga-sakit

Anak-anak yang mengalami resiko terkena penyakit otitis media adalah mereka yang memiliki usia di bawah 10 tahun. Bahkan, bayi yang berusia setengah tahun hingga satu setengah tahun akan memiliki resiko terkena penyakit ini. Pada umumnya, otitis media akan memberikan gejala layaknya anak yang mudah demam, cenderung lebih rewel, kesulitan tidur saat malam hari, hingga kecenderungan untuk susah makan dan tidak menjawab jika dibisiki atau diberitahu dengan suara pelan. Selain itu, anak-anak cenderung akan sering menggaruk atau menyentuh telinganya karena adanya rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi atau tumpukan cairan pada bagian tengah telinga.

Penyebab utama dari penyakit otitis media adalah dari infeksi virus atau bakteri sehingga lendir di dalam telinga yang disebut sebagai mukosa semakin menumpuk pada bagian tengah telinga. Selain itu, kecenderungan telinga anak-anak yang memiliki saluran eustachius, semacam tabung pada bagian dalam telinga tengah yang berfungsi menyalurkan media membuat menumpuknya mukosa pun menyebabkan infeksi.

Jika anak mengalami gejala terkena otitis media dalam waktu yang cukup lama, yakni melebih itinga hari dan disertai dengan rasa sakit pada telinga serta munculnya nanah atau cairan lainnya, maka kita pun harus memeriksakan kondisi ini ke dokter THT terdekat agar mendapatkan penanganan medis yang tepat. Sementara itu, untuk mencegah anak tidak terkena penyakit otitis media, maka ada baiknya kita menjauhkan anak dari lingkungan yang penuh asap dan juga memberikan vaksinasi yang bisa mencegah munculnya penyakit otitis media.