Mengenal Penyakit Miom, Penyakit Yang Banyak Menyerang Kaum Hawa

DokterSehat.Com – Jika kita mau mencermati, hampir semua orang cenderung tidak begitu mengenal berbagai penyakit yang bisa menyerang organ intim. Organ kelamin kerap kali dianggap terlalu tabu untuk dibicarakan sehingga orang pun cenderung malu jika harus bertanya tentang hal-hal aneh pada alat kelaminnya. Bagi kaum wanita, organ intim adalah salah satu area yang cukup rentan terkena penyakit jika tidak dirawat dengan baik. Salah satu jenis yang bisa menyerang organ intim kaum hawa adalah penyakit miom atau yang juga bisa disebut sebagai tumor fibroid.

doktersehat-konsultasi-lupus-nyeri-lutut

Tahukah anda, tumor fibroid atau miom ini sebenarnya penyakit yang cukup sering menyerang kaum wanita. Sebuah penelitian kesehatan menunjukkan fakta mengejutkan dimana wanita yang sudah dewasa dan berusia lebih di atas 50 tahun ternyata memiliki resiko 70 hingga 80 persen terkena penyakit miom! Rasio tersebut tentu sangatlah tinggi. Bahkan, kini wanita berusia 40 tahun-an juga beresiko terkena penyakit ini. Banyak wanita yang cenderung tidak memberikan gejala yang terasa pada tubuh akan membuat banyak wanita tidak merasa memiliki penyakit ini. Barulah jika miom membuat organ intim terasa tidak nyaman, kita bisa mengetahui adanya penyakit ini.

Miom tidak termasuk dalam jenis kanker meskipun bisa disebut sebagai tumor fibroid. Penyakit ini cenderung lebih sering menyerang wanita yang berasal dari ras Afrika-merika. Sementara itu, wanita Asia memiliki resiko yang cukup rendah untuk terkena penyakit organ vital ini. Hanya saja, banyak wanita yang terkena penyakit miom ini akan kesulitan mendapatkan kehamilan atau bahkan bisa berakhir dengan pengangkatan rahim yang tentu akan sangat berbahaya.

Jika miom bisa dioperasi dan dibersihkan dari rahim, kaum wanita ternyata masih memiliki kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan. Memang, miom bisa membuat ukuran dan bentuk rahim menyusut, namun, dengan adanya operasi caesar untuk kelahiran bayi kini membuat wanita memiliki kesempatan untuk hamil dengan aman meskipun pernah mengalami gejala miom.

Baca Juga:  Manfaat Renang Untuk Bayi

Pakar kesehatan masih belum bisa menemukan apa penyebab pasti dari penyakit miom ini. Hanya saja, wanita bisa mencegah efek kesehatan yang lebih buruk dengan memeriksakan kondisinya saat merasa memiliki gejala-gejala dari penyakit ini. Penderita miom biasanya akan mengalami masa menstruasi yang cukup berat dalam waktu yang cenderung lama. Pendarahan menstruasi bisa berlangsung sangat deras dengan adanya gumpalan-gumpalan darah dan rasa kram yang sangat kuat. Organ vital juga cenderung terasa sakit jika buang air kecil atau dipakai untuk berhubungan. Jika kita merasakan gejala-gejala tersebut, segera periksakan kondisi tubuh ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat jika memang terdiagnosa terkena penyakit miom.