Mengenal Penyakit Mata Ikan

DokterSehat.Com – Mata ikan dapat kita anggap sebagai penyakit yang ringan dan bahkan tidak membahayakan sama sekali. Penyakit ini tentu tidak akan membahayakan nyawa sama sekali, namun, kita tentu akan merasa sangat tidak nyaman melihat mata ikan yang seringnya berada di bagian kaki atau tangan. Bentuk mata ikan yang kasar dan tebal tentu akan sangat mengganggu kenyamanan atau bahkan kecantikan fisik. Apakah mata ikan tidak akan bermasalah jika tidak dihilangkan?



Mata ikan mungkin tidak berbahaya, namun, jika benjolan mata ikan ini terus membesar, maka bisa jadi bagian tubuh yang terkena mata ikan akan terasa sakit karena terkena gesekan dan tekanan.Hal ini berarti, jika kita memiliki mata ikan baik itu di bagian kaki atau tangan, ada baiknya mata ikan tersebut langsung dihilangkan mengingat jika semakin keras dan menebal, virus Human Papilloma Virus yang menyebabkan mata ikan ini akan semakin menguat dan semakin sulit untuk dihilangkan.

Biasanya, mata ikan disebabkan oleh alas kaki yang tidak nyaman digunakan. Alas kaki yang sempit dan kurang nyaman bisa menyebabkan gesekan dan membuat kulit menjadi tebal sehingga menjadi mata ikan. Anda harus memastikan bahwa alas kaki anda nyaman dan tidak terlalu sempit. Disamping itu, kaos kaki juga harus sering diganti agar kaki pun tidak terkena mata ikan di kemudian hari.

Jika anda sudah memiliki mata ikan yang cukup besar dan terasa sakit bila digesek maupun ditekan, maka ada baiknya kita menghilangkan mata ikan tersebut. Kita bisa melakukan operasi kecil di rumah sakit untuk menghilangkannya. Namun, kita juga bisa memakai cara alamiah layaknya dengan menggunakan ramuan dari getah pepaya untuk mengobati mata ikan. Kaki yang memiliki mata ikan sebaiknya direndam dengan campuran air hangat dan garam selama 20 menit dan kemudian bagian mata ikan tersebut diolesi dengan getah pepaya. Diamkan hingga beberapa saat dan ulangi langkah ini beberapa kali hingga mata ikan mulai terobati. Dengan tubuh yang bebas mata ikan, kita tentu akan lebih nyaman dalam berjalan kaki maupun dengan penampilan diri kita.