Mengenal Penyakit Mata AMD Pada Lansia

DokterSehat.Com – Usia lanjut seringkali ditandai dengan semakin menurunnya berbagai fungsi dari organ tubuh. Salah satu organ tubuh yang mengalami penurunan fungsi secara drastis adalah organ mata. Tentu sudah cukup sering kita melihat orang tua yang mengalami masalah pada penglihatannya. Kondisi ini disebut sebagai AMD atau Age Macular Degeneration. Meskipun tergolong sebagai hal yang alamiah, namun ada baiknya para lansia juga memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

doktersehat-konsultasi-orangtua

Gejala awal dari AMD pada para lansia adalah munculnya bintik-bintik kekuningan yang berukuran kecil pada mata. Ukuran bintik-bintik yang kecil ini biasanya akan kurang bisa dilihat dengan mata telanjang dan harus melalui pemeriksaan medis. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka gejalanya akan berlanjut menjadi gangguan pada penglihatan. Penderita AMD biasanya akan mengalami masalah dalam melihat garis lurus dan justru melihatnya sebagai garis yang melengkung atau bergelombang. Huruf-huruf pada bacaan juga akan cenderung menjadi tidak terlihat. Seringkali penyakit ini diawali hanya pada salah satu mata saja dan berlanjut pada mata lainnya.

Seringkali penyakit AMD mulai muncul pada mereka yang berusia lebih dari 50 tahun karena sel-sel retina yang cenderung semakin menua. Penyakit ini biasanya akan muncul secara perlahan-lahan dan tentu akan menurunkan kualitas hidup seseorang. Untuk mencegah hal ini tidak terjadi, para lansia pun diharapkan melakukan gaya hidup yang jauh lebih sehat dengan cara mengendalikan tekanan darah dan berhenti merokok. Tahukah anda, para perokok ternyata memiliki resiko mendapatkan penyakit AMD hingga 30 persen.

Tekanan darah ternyata memiliki kaitan erat dengan kesehatan mata. Jika orang tua mengalami tekanan darah tinggi, kesehatan matanya juga ikut terganggu. Para lansia sebaiknya mulai banyak memakan makanan yang kaya karotenioda dan antioksidan layaknya pada tomat, worel, atau labuh yang diyakini mampu menurunkan resiko terkena penyakit AMD. Beberapa sayuran hijau juga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain itu, rajin-rajinlah memeriksakan kondisi kesehatan mata sehingga jika ada gejala awal dari AMD, kita bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat untuk mencegahnya.