Mengenal Penyakit Lupus yang Menyebabkan Selena Gomez Harus Melakukan Transplantasi Organ

DokterSehat.Com– Penyanyi pop terkemuka Selena Gomez baru-baru ini mengungkapkan fakta mengejutkan tentang kondisi kesehatannya. Jika pada dua tahun lalu Selena mengaku jika dirinya mengidap penyakit lupus. Ternyata penyakit ini membuatnya harus melakukan transplantasi ginjal.

selena-gomez-transplantasi-ginjal

Photo Credit: Instagram/ selenagomez

Penyanyi berusia 25 tahun ini mengungkapkan fakta ini melalui foto yang Ia unggah di akun instagramnya. Dalam foto ini, terlihat bahwa Selena berbaring Bersama dengan Francia Raisa, pendonor ginjalnya yang juga adalah sahabat dekatnya. Melalui foto ini juga terjawab sudah mengapa sepanjang musim panas Selena terlihat menghilang dari dunia hiburan.

Sebenarnya, bagaimana bisa penyakit lupus berkaitan dengan kesehatan ginjal dan bahkan membuat penderitanya harus melakukan transplantasi ginjal? Dilansir dari laman LiveScience, disebutkan bahwa lupus adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh memicu kerusakan pada beberapa bagian tubuh layaknya persendian, kulit, hingga organ dalam yang sangat penting seperti ginjal, paru-paru, dan jantung. Hanya saja, sekitar separuh orang dewasa dan 80 persen anak yang menderita lupus pada akhirnya mengalami gangguan pada ginjalnya. Gangguan ini bisa berupa pembengkakan atau luka yang terdapat pada glomeruli atau pembuluh darah kecil yang berfungsi menyaring berbagai sampah dan racun dari darah.

I’m very aware some of my fans had noticed I was laying low for part of the summer and questioning why I wasn’t promoting my new music, which I was extremely proud of. So I found out I needed to get a kidney transplant due to my Lupus and was recovering. It was what I needed to do for my overall health. I honestly look forward to sharing with you, soon my journey through these past several months as I have always wanted to do with you. Until then I want to publicly thank my family and incredible team of doctors for everything they have done for me prior to and post-surgery. And finally, there aren’t words to describe how I can possibly thank my beautiful friend Francia Raisa. She gave me the ultimate gift and sacrifice by donating her kidney to me. I am incredibly blessed. I love you so much sis. Lupus continues to be very misunderstood but progress is being made. For more information regarding Lupus please go to the Lupus Research Alliance website: www.lupusresearch.org/ -by grace through faith

A post shared by Selena Gomez (@selenagomez) on

Biasanya, penderita lupus yang mengalami inflamasi pada ginjalnya akan diminta untuk mengkonsumsi obat-obatan dengan rutin dengan tujuan memperbaiki fungsi sistem imunnya. Sayangnya, 30 persen penderita lupus yang mengalami inflamasi pada ginjal pada akhirnya mengalami gagal ginjal atau ginjal yang sudah tidak bisa lagi berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga:  Beberapa Fakta Tentang Penyakit Lupus yang Diderita Selena Gomez

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005, disebutkan bahwa hampir semua penderita gagal ginjal yang disebabkan oleh lupus harus melakukan transplantasi ginjal seperti yang dilakukan oleh Selena Gomez ini.