Mengenal Penyakit Kanker Untuk Memahami Cara Mencegahnya

DokterSehat.Com – Memahami definisi kanker atau pengertian kanker sangat penting dan sangat bermanfaat. Pemahaman yang baik akan kanker akan membantu kita untuk bisa membedakan antara penyakit kanker dangan penyakit lainnya. Saat ini penyakit kanker sudah di yakini sebagai penyebab kematian terbesar kedua setelah penyakit jantung koroner.



Bahkan WHO memperkirakan sekitar 84 juta orang akan meninggal akibat penyakit kanker dalam rentang waktu tahun 2005 sampai 2015, dan sekitar 80% kematian akibat penyakit kanker tersebut terjadi di wilayah Negara-negara dengan tingkat penghasilan rendah atau Negara berkembang, termasuk Indonesia tentunya.

Ironisnya, sebagai salah satu Negara dengan pengidap penyakit kanker terbanyak, kita belum banyak melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang penyakit kanker. Hampir sebagian besar kita tentu pernah mendengar istilah penyakit kanker, namun ketika diminta menjelaskan tentang penyakit kanker maka hampir sebagian besar kita juga tak mampu menjelaskannya. Hal ini disebabkan oleh minimnya tingkat kepedulian kita untuk belajar dan mencari pengetahuan tentang penyakit kanker. Lebih ironis lagi karena hal tersebut disebabkan oleh ketakutan kita akan penyakit kanker.

Jadi rasa takut terhadap penyakit kanker justru membuat kita merasa takut untuk mengetahui, belajar dan mengenal tentang penyakit kanker. Padahal dengan memiliki pengetahuan tentang panyakit kanker kita bisa mengambil tindakan-tindakan yang tepat untuk menangani gejala penyakit kanker dengan lebih cepat. Dan yang paling penting adalah kita memahami apa saja hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah serangan penyakit kanker.

Secara sederhana penyakit kanker sebenarnya adalah kondisi tidak terkontrolnya pertumbuhan tubuh. Hal ini disebabkan adanya sel dalam tubuh yang terus melakukan regenerasi atau pembelahan diri secara berlebihan dan terus-menerus. Jika tubuh kita dalam keadaan normal, maka sel-sel dalam tubuh kita hanya akan meregenerasi diri atau membelah dirinya ketika dibutuhkan misalnya saat ada serangan virus atau bakteri yang merugikan dan saat ada sel tubuh yang mati atau rusak untuk menggantikannya.

Baca Juga:  Vitamin Untuk Masalah Rambut

Sebagai akibat dari pembelahan sel tubuh yang tidak terkontrol inilah maka akan terjadi penumpukan sel dalam jumlah besar yang tentu saja mengganggu metabolism tubuh, kondisi ini sering kali disebut dengan pertumbuhan tumor. Dalam kondisi tertentu penumpukan dan pembelahan sel-sel baru tersebut akan menyebar keluar jaringan dan terjadi dengan cepat serta tidak terkendali dan tentu saja menyebabkan kerusakan, kondisi inilah yang dikatakan sebagai serangan penyakit kanker atau tumor ganas.

Maka banyak dikatakan bahwa penyakit kanker adalah tumor ganas. Ada banyak sebab tentunya mengapa sel-sel dalam tubuh kita dapat membelah secara tidak terkontrol sehingga memicu pertumbuhan tumor. Dan mengapa tumor tersebut berubah menjadi ganas sehingga menyebabkan serangan penyakit kanker.

Itulah mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang penyakit kanker. Penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami cara menghadapi serangan penyakit kanker, mendeteksi adanya serangan penyakit kanker dan yang paling penting adalah untuk mengetahui cara mencegahnya.