Mengenal Penyakit Hepatitis B pada Anak

DokterSehat.Com – Penyakit hepaptitis sangat erat dengan organ tubuh yang bernama hati/ liver. Yang perlu diwaspadai bahwa banyak penelitian yang menyebutkan penyakit hepatitis merupakan penyakit cikal bakal dari kanker hati. Hepatitis dapat merusak fungsi organ hati dan kerja hati sebagai penetral racun dan sistem pencernaan makanan dalam tubuh yang mengurai sari-sari makanan untuk kemudian disebarkan ke seluruh organ tubuh yang sangat penting bagi manusia.

doktersehat-anak-sakit-panas-hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit peradangan hati karena berbagai sebab. Penyebab tersebut adalah beberapa jenis virus yang menyerang dan menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sel-sel dan fungsi organ hati. Hepatitis memiliki hubungan yang sangat erat dengan penyakit gangguan fungsi hati. Hepatitis banyak digunakan sebagai penyakit yang masuk ke semua jenis penyakit peradangan pada hati (liver). Banyak hal yang menyebabkan hepatitis itu dapat terjadi yang tidak hanya dikarenakan adanya infeksi virus dari suatu sumber tertentu. Penyebab hepatitis juga dapat berasal dari jenis obat-obatan tertentu, jenis makanan tertentu atau bahkan pada hubungan seksual yang salah satu dari pasangan memiliki penyakit hepatitis.

Penyakit hepatitis dapat menyerang siapa saja tak pandang usia termasuk anak-anak. Hepatitis yang juga banyak melanda pada bayi dari usia 0-12 bulan, pada anak-anak diperkirakan terjadi dari mulai usia 2-15 tahun, orang dewasa 15-20 tahun dan orang tua diatas usia 40 tahun keatas. Hepatitis yang banyak terjadi dan dialami oleh penduduk Indonesia dan anak-anak adalah hepatitis B. Berikut ini adalah cara penularan virus dari hepatitis B yang banyak terjadi dan dialami khususnya jika terjadi pada anak.

  1. Penularan hepatitis B pada bayi dan anak-anak
  • Jika seorang ibu yang memiliki riwayat penyakit hepatitis ketika dalam mengandung sangat memungkinkan janin atau bayi yang dikandung juga terjangkit jenis hepatitis yang sama, bahkan resiko lebih besar terjadi pada bayi dibanding ibunya.
  • Juga dapat terjadi melalui kontak langsung dengan salah satu anggota keluarga yang menderita hepatitis B.
  1. Pengaruh Infeksi Virus Hepatitis B
  • Virus hepatitis B (VHB) dapat menyebabkan peradangan yang bersifat akut atau kronis merupakan salah satu penyebab awal kanker hati.
  • Jika infeksi yang terjadi pada bayi sebelum bayi berusia kurang dari 1 tahun memiliki resiko lebih tinggi sekitar 90% mengidap hepatitis akut atau kronis, namun sebaliknya jika infeksi hepatitis B terjadi pada bayi setelah berusia 2-5 tahun maka resiko dari penyakit hepatitis B akan berkurang sekitar 50% bahkan apabila infeksi terjadi diatas usia 5 tahun resiko penyakit hepatitis ini hanya 5-10%.
  • Diperkirakan sekitar 25% dari anak yang teridentifikasi penyakit hepatitis kronis dapat berlanjut menjadi dan berkembang menjadi sirosis (kerusakan pada organ hati dan pengerutan hati).