Mengenal Penyakit Hemangioma

DokterSehat.Com – Pernahkah anda melihat sebuah masalah di kulit yang memiliki rupa layaknya daging tumbuh dengan warna kemerahan dan sangat menonjol? Kadang kala, daging tumbuh ini bukanlah daging tumbuh biasa melainkan sebuah penyakit yang disebut dengan hemangioma. Memang, hemangioma cenderung mudah ditemukan di kulit, namun, penyakit yang sebenarnya adalah sejenis kanker jinak ini juga bisa berkembang di organ dalam tubuh layaknya hati manusia. Apakah penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya?

doktersehat-hidrosefalus

Hemangioma sendiri termasuk dalam penyakit keturunan dan bahkan banyak pakar kesehatan yang mengklaim bahwa bayi dalam kandungan bisa saja sudah memiliki hemangioma. Saat bayi baru saja lahir, hemangioma biasanya masih memiliki bentuk yang rata dengan kulit dan hanya berbentuk layaknya luka parutan saja. Namun, seiring dengan perkembangan bayi, luka parutan ini bisa jadi membesar layaknya daging tumbuh. Hemangioma sendiri bisa tumbuh lantaran penyakit ini biasanya juga mengambil posisi dimana beberapa pembuluh darah bisa secara bersama menyuplai darah ke benjolan hemangioma. Posisi hemangioma yang memungkinkan pertumbuhan ini diyakini disebabkan oleh kandungan protein yang terbentuk saat bayi di jalam janin. Benjolan hemangioma sendiri bisa tumbuh pada bagian luar kulit, tepatnya di bawah kelenjar lemak pada lapisan epidermis kulit.

Penyakit ini mungkin tidak terlalu berbahaya karena tidak menjadi parasit yang terlalu banyak mengganggu kesehatan manusia. Namun, penyakit ini jika dibiarkan begitu saja dapat membuat benjolan yang lebih besar dan disebut sebagai multiple hemangioma. Dengan banyaknya benjolan pada kulit, penderitanya tentu bisa merasakan kehilangan kepercayaan diri mengingat hemangioma justru lebih sering ditemukan di area leher ataupun wajah.

Untuk mengatasi hemangioma, penderitanya tentu harus memeriksakan kondisinya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Banyak sekali kasus dimana seiring dengan perkembangan tubuh, hemangioma bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, andai hemangioma tetap bisa tumbuh saat manusia sudah beranjak dewasa, maka ada baiknya penyakit ini diopeasi agar sembuh secara total.