Mengenal Penyakit Hashimoto, Penyakit yang Menyerang Supermodel Gigi Hadid

DokterSehat.Com – Supermodel Gigi Hadid kerap dikenal sebagai gadis yang aktif dan ceria. Namun, diballik keceriaannya ini, gadis berusia 21 tahun ini ternyata mengidap penyakit hashimoto yang membuatnya kerap merasa lemas hingga penurunan berat badan secara drastis. Ia sendiri mengaku jika sudah dua tahun terkena penyakit yang menyerang kelenjr tiroidnya ini. Sebenarnya, seperti apakah penyakit yang memiliki nama unik khas Jepang ini?

doktersehat-gigihadid-hashimoto

Pakar kesehatan menyebut penyakit hashimoto sebagai kondisi dimana sistem kekebalan tubuh kita mengalami gangguan dan justru akan menyerang kelenjar tiroid. Hal ini akan memicu penurunan fungsi dan keaktifan dari kelenjar tiroid sehingga akan menimbulkan masalah kesehatan lain yang disebut sebagai hypotiroid. Sebagaimana namanya, penyakit ini ternyata ditemukan oleh peneliti asal Jepang yang bernama Hakaru Hashimoto pada tahun 1912. Penyakit hashimoto sendiri dikenal sebagai penyakit autoimun semenjak tahun 1957. 5 persen masyarakat di seluruh dunia ternyata beresiko besar terkena penyakit ini, dimana wanita dengan usia antara 30 hingga 50 tahun adalah wanita yang paling beresiko tinggi terkena penyakit hashimoto.

Penyakit hashimoto biasanya tidak akan memberikan dampak kesehatan yang cukup akut dimana penderitanya kerap kali mengalami penurunan berat badan, merasa lemas, hingga terkena masalah nyeri sendi, kulit kering, hingga sembelit. Namun, ada baiknya penyakit ini tidak dibarkan begitu saja karena bisa memicu masalah pendarahan tatkala fase menstruasi, pembengkakan pada wajah dan lidah, hingga meningkatnya resiko akan depresi.

Penyakit hashimoto ternyata cenderung membutuhkan waktu bertahun-tahun agar bisa berkembang menjadi penyakit berbahaya, selain itu, penyakit ini juga cukup memakan waktu. Sebagai contoh, andai penyakit hashimoto pada seseorang termasuk dalam tahapan yang serius, maka seumur hidupnya Ia harus mengkonsumsi obat-obatan demi mengatasi penyakit ini.