Mengenal Penyakit Endometriosis

Dokter Sehat – Penyakit endometriosis merupakan satu jenis penyakit yang agak luar biasa, banyak diantara wanita yang tidak mengetahui tentang penyakit ini, padahal penderitanya bisa dibilang lumayan banyak. Masalah yang ditimbulkan penyakit ini diantaranya ialah keguguran dan kemandulan, ada juga berbagai jenis masalah seperti sakit sewaktu melakukan hubungan intim atau pendarahan dari anus pada waktu buang air besar yang sangat sakit.



Endometriosis seringkali tidak mendapatkan perhatian serius baik dari penderitanya maupun oleh dokter yang memeriksa, karena seringkali rasa sakit pada saat menstruasi dianggap sebagai hal yang sudah selayaknya dialami setiap bulan.

penyakit Endometriosis adalah gangguan umum dari organ reproduksi wanita dan daerah panggul yang disebabkan oleh hormon estrogen, endometriosis sering dikaitkan dengan periode menstruasi yang menyakitkan, dan jika tidak diobati, dapat mengakibatkan komplikasi, seperti kesulitan untuk hamil, kemandulan, dan pembentukan adhesi yang menyakitkan.

Sampai saat ini para dokter belum mengetahui alasan yang pasti mengapa endometrium sampai dapat tumbuh di luar rahim, sejauh ini hanya diketahui bahwa endometriosis banyak ditemui di kalangan perempuan yang keluarganya menderita endometriosis juga.

Sebelum pengobatan gejala penyakit endometriosis dilakukan, sebaiknya lakukan pengecekan ke dokter untuk mendapatkan jenis pengobatan yang sesuai dan tepat. Biasanya pengobatan yang dilakukan dengan mengkonsumsi obat pengatur produksi hormon, mengingat penyakit ini banyak disebabkan oleh hormon. Namun pengobatan pada penyakit ini juga tergantung dari gejala dan penyebab yang terjadi, karena setiap orang memiliki gejala yang berbeda.

Lakukan pengobatan dengan tuntas, ini bertujuan untuk menjauhkan penyakit yang sama datang lagi meskipun tingkat terserang penyakit yang sama cukup tinggi. Lakukan pencegahan dengan pola hidup sehat, menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, rajin konsumsi air putih yang banyak, rajin konsumsi buah dan sayur, dan rajin berolahraga rutin untuk menjaga kondisi tubuh selalu dalam keadaan sehat.