Mengenal Penyakit Celiac

DokterSehat.Com – Pernahkah anda mendengar tentang penyakit celiac? Penyakit celiac sendiri adalah sebuah kondisi dimana tubuh tidak bisa menyerap makanan yang mengandung gluten. Gluten sendiri kerap kali dikaitkan dengan kandungan gula meskipun dalam kenyataannya gluten adalah semacam protein. Gluten cukup mudah ditemui pada makanan-makanan mengenyangkan layaknya roti, pasta, atau bahkan biskuit. Penyakit celiac membuat sistem imun tubuh justru menyerang usus kecil dan juga gluten yang kita konsumsi sehingga tubuh pun akan kesulitan menyerap kandungan makanan dan juga mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk beraktifitas sehari-hari.

doktersehat-Enkopresis-Gastroenteritis-Peritonitis

Banyak kasus dimana mereka yang memiliki penyakit celiac ini akan memiliki resiko tinggi mengalami penyakit layaknya osteoporosis, iron deficiency anemia, dan juga limfoma. Yang cukup berbahaya adalah jika penyakit celiac ternyata menyerang anak-anak. Anak pun beresiko akan mengalami gangguan pada pertumbuhannya dan bahkan tulang-tulangnya akan beresiko semakin melemah dan tidak berkembang dengan baik dan jika dibiarkan, tentu resikonya bisa menyebabkan kecacatan.

Penyebab dari penyakit celiac sendiri masih menjadi hal masih diperdebatkan dalam dunia medis. Hanya saja, banyak pakar kesehatan yang meyakini jika celiac disebabkan karena faktor genetik dimana satu garis keturunan cenderung memiliki resiko tinggi mengalami penyakit celiac. Selain anak-anak, orang dewasa juga bisa mengalami penyakit ini meskipun rasionya masih cukup rendah.

Jika seseorang terkena penyakit celiac, gejala pertama yang akan dirasakan adalah perut yang seakan-akan penuh dengan gas dan terasa kembung. Dalam beberapa kasus, berat badan akan cenderung menurun dengan signifikan dan badan pun akan sangat mudah terasa lelah dan lemas sepanjang hari. Anak-anak yang terkena celiac juga bisa mengalami muntah-muntah atau bahkan diare yang berkepanjangan.

Baca Juga:  Mengapa Ada Jerawat yang Tumbuh di Pantat

Untuk menghindari gejala dari penyakit celiac, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan gluten layaknya yang terbuat dari bahan gandum. Untungnya, kita masih diperbolehkan memakan makanan yang terbuat dari bahan tepung dan pati dari bahan yang umum layaknya kentang, kacang kecelai, beras, atau bahkan jagung. Hanya saja, ada baiknya kita mencoba menghindari minuman susu sapi agar gejala penyakit celiac pun bisa dicegah.