Mengenal Penyakit Addison

DokterSehat.Com – Meskipun namanya terlihat keren, tidak ada yang baik dari penyakit addison jika mengenai tubuh kita. Penyakit addison sendiri adalah sebuah kondisi dimana kelenjar adrenal tubuh tidak lagi mampu memproduksi beberapa jenis hormon dalan jumlah yang dibutuhkan. Sebagai contoh, kelanjar adrenal tidak lagi mampu memproduksi hormon kortisol atau aldosterone dengan jumlah yang cukup sehingga tubuh pun akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang bisa mempengaruhi berbagai sistem dan proses yang bekerja dalam tubuh.

shutterstock_85934089 copy

Banyak laporan kesehatan yang menyebutkan jika penyakit addison bisa memicu tubuh mudah mengalami kelelahan yang ekstrim dan bahkan disertai dengan penurunan berat badan dengan sangat cepat sekaligus nafsu makan yang semakin berkurang. Tekanan darah penderita penyakit addison juga akan cenderung sangat rendah sehingga sering jatuh pingsan. Dalam beberapa kasus, penderita penyakit addison akan mengalami rasa sakit pada perut, otot-otot, persendian, hingga rasa mual dan muntah-muntah yang disertai dengan diare. Penderitanya juga bisa mengalami kulit yang semakin menggelap, masalah kerontokan rambut dan disfungsi seksual, perubahan suasana hati layaknya depresi berlebihan, hingga penurunan kadar gula dalam darah yang sangat signifikan.

Penyebab dari penyakit addison sendiri bermacam-macam. Hanya saja, jika kelenjar adrenal mengalami kerusakan, maka kelenjar pun tidak akan lagi mampu memproduksi hormon kortisol dan aldosterone dengan jumlah yang cukup. Kelenjar ini sendiri biasanya berada di atas ginjal sehingga jika mengalami kerusakan, maka hormon-hormon pun tidak lagi mampu memberikan instruksi pada jaringan-jaringan tubuh hingga organ tubuh yang tentu berpengaruh besar pada kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dalam beberapa kasus, kerusakan pada kelenjar adrenal bisa disebabkan oleh serangan penyakit autoimun pada korteks kelenjar adrenal. Penyakit TBC atau kanker ditengarai bisa menjadi penyebab masalah serangan autoimun ini.

Baca Juga:  Makan Terlalu Malam Tidaklah Baik Bagi Tubuh

Satu hal yang pasti, jika anda mengalami gejala-gejala di atas, maka ada baiknya anda harus memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter terdekat sehingga jika memang anda mengalami penyakit addison, anda bisa segera mendapatkan perawatan medis yang tepat sehingga kondisi kesehatan tubuh pun bisa kembali membaik.