Mengenal Osteoatritis, Pengapuran Sendi yang Berbahaya

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang menyerang persendian dalam tubuh dan harus diwaspadai adalah osteoatritis. Bagaimana tidak, penyakit ini bisa menyerang mereka yang sudah berusia 38 tahun ke atas, khususnya kaum wanita dan bisa membuat mereka mengalami masalah dalam aktivitas sehari-hari. Sebenarnya, seperti apakah penyakit osteoatritis ini?

doktersehat-nyeri-lutut-arthritis-asam-urat

Osteoatritis sendiri adalah sebuah kondisi dimana pada persendian lutut mengalami pengapuran sendi dalam waktu yang cukup lama yang memicu kerusakan sekaligus tumbuhnya tulang baru pada persendian lutut. Pakar kesehatan dr. Deasi Erika Sp. KFR menyebutkan jika wanita memiliki resiko terkena osteoatritis lebih tinggi jika dibandingkan dengan pria karena begitu mereka mulai memasuki fase menopause, maka kerusakan pada persendian bisa berjalan dengan jauh lebih parah, khususnya jika mereka mengalami kegemukan yang membuat lutut mereka semakin kesulitan menopang beban pada tubuhnya.

Penyakit ini sendiri akan terjadi dengan empat tahapan, yakni dari yang cukup ringan hingga yang sudah mencapai pembentukan tulang yang baru. Hanya saja, gejala awal dari munculnya penyakit ini adalah adanya nyeri lutut dan rasa kaku yang muncul pada pagi hari. Adanya rasa kaku dan nyeri ini terjadi karena di sekitar lutut sudah tidak memiliki pelumas lagi yang bisa membuat mereka bergerak dengan bebas. Selain membuat rasa nyeri dan kaku, hal ini juga bisa memicu pengikisan sendi dengan signifikan.

Lantas apakah ada cara untuk mencegah munculnya penyakit ini? Dr. Deasi menyebutkan jika ada baiknya kita mulai menjaga berat badan tetap seimbang dan mulai banyak bergerak dengan rutin berolahraga. Hanya saja, ada baiknya kita menghindari olahraga yang bisa menambah beban pada persendian dan lutut layaknya angkat berat dan lebih baik berolaharga yang membuat persendian menjadi lebih aktif.