Mengenal Olahraga Statis yang Disebut Sebagai Olahraga Isometrik

DokterSehat.Com – Banyak orang yang cenderung malas melakukan olahraga karena berpikir jika badan mereka akan terasa lebih pegal-pegal begitu melakukan olahraga. Padahal, dengan melakukan olahraga, kita bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, lebih bugar, dan mampu mencegah meningkatnya resiko terkena berbagai penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa kita. Selain itu, banyak orang yang malas untuk beranjak dari kebiasaan mereka bersantai melihat televisi atau bahkan hanya tiduran saja alih-alih berolahraga. Namun, tahukah anda jika ada sebuah olahraga yang tetap bisa kita lakukan bahkan saat kita bersantai atau menonton televisi? Ya, olahraga ini disebut sebagai olahraga isometrik.

doktersehat-setelah-olahraga-pendinginan-stretching-peregangan-otot

Olahraga isometrik adalah olahraga yang unik karena tidak menuntut kita untuk melakukan banyak gerakan fisik. Yang menarik adalah, olahraga ini bisa kita lakukan di dalam rumah saja dengan posisi yang santai layaknya sambil menonton televisi dan tidak membutuhkan beberapa peralatan khusus apapun. Meskipun terlihat statis santai, olahraga ini ternyata bisa membuat kekuatan otot meningkat dan membantu kita membakar kalori sebagaimana olahraga-olahraga lainnya yang lebih dinamis layaknya angkat besi. Padahal, olahraga ini cenderung membuat kita lebih fokus pada pernafasan alih-alih pada kontraksi otot atau tekanan pada persendian. Alhasil, bagi mereka yang malas untuk bergerak atau beranjak dari sofa, olahraga isometrik bisa menjadi olahraga yang mulai dilakukan.

Beberapa jenis teknik yang ada dalam olahraga isometrik melibatkan gerakan mengepalkan tangan yang bisa membuat tubuh bagian atas menjadi lebih kuat. Dengan kedua tangan terkepal, kita bisa mendorongnya ke depan hingga tubuh sedikit membungkuk dan sejajar dengan siku kita. Cobalah untuk menahan gerakan ini selama enam detik dan cobalah untuk melakukannya kembali setidaknya lima kali dengan jeda 15 detik setiap gerakan. Gerakan lain yang bisa dilakukan adalah dengan berdiri bersandar dekat dengan dinding dengan kaki yang terbuka selebar bahu tubuh. Cobalah untuk bersandar pada dinding dengan posisi jongkok dengan dinding yang menahan punggung. Pertahankan posisi ini setidaknya selama 15 hingga 30 detik dan lakukan beberapa kali.

Baca Juga:  Pertolongan Pertama Atasi Pendarahan

Dengan gerakan-gerakan sederhana ini, kita pun bisa mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, khususnya dalam membakar kalori.