Mengenal Metode Persalinan Birth Sling yang Disebut-Sebut Tidak Menyakitkan

DokterSehat.Com – Kini, semakin banyak metode persalinan yang bisa dipilih oleh para ibu hamil. Setiap ibu hamil pun kini bisa dengan mudah memiliki metode persalinan apa yang sepertinya nyaman untuk dilakukan dan menjamin keselamatan baik ibu maupun anak. Jika biasanya kita mendengar metode persalinan normal, metode operasi Caesar, hingga metode water birthing, kini ada metode persalinan baru yang bisa membuat ibu tidak kesakitan saat melahirkan. Metode persalinan ini disebut sebagai birth sling

doktersehat-lahir-bayi-ibu

Seperti apakah metode persalinan birth sling ini? Pakar kesehatan menyebutkan jika metode persalinan ini sebenarnya sudah sudah dikenal semenjak ratusan tahun yang lalu dan bahkan telah banyak dilakukan oleh masyarakat dari Negara Barat. Metode persalinan ini bisa dijelaskan sebagai ibu yang melahirkan dengan cara menggunakan kain yang sudah dikaitkan pada atap atau langit-langit di dalam ruangan. Kain ini dibentuk layaknya ayunan yang kemudian dinaiki oleh ibu agar bisa menopang paha dan pantatnya. Dengan memakai kain ini, diharapkan ibu akan menjadi lebih nyaman saat mendorong bayi keluar dari perutnya.

Metode persalinan birth sling ini ternyata mulai kembali diminati oleh banyak ibu hamil di Eropa atau Amerika Serikat. Menurut banyak ibu, metode persalinan ini bisa membuat proses kelahiran menjadi lebih cepat tanpa memberikan rasa sakit yang berlebihan. Tracy Donegan, salah seorang bidan yang berasal dari San Fransisco, California, bahkan sangat menyarankan metode persalinan ini karena akan membuat ibu lebih nyaman saat melahirkan.

Dengan menggunakan metode persalinan birth sling ini, maka ibu bisa bergerak dengan mudah saat mengalami kontraksi. Karena ditopang oleh kain, maka ibu bisa nyaman untuk beristirahat saat melahirkan. Bahkan, kain yang dipegang oleh ibu bisa menjadi obyek remasan saat mendorong bayi keluar. Menurut banyak penelitian, banyak ibu yang tidak meminta obat penahan rasa sakit saat melakukan proses kelahiran ini. Apakah anda berminat untuk mencoba metode persalinan unik ini?