Mengenal Menstrual Cup, Salah Satu Solusi Bagi Wanita yang Sedang Haid

DokterSehat.Com – Banyak wanita yang cukup penasaran dengan peralatan yang disebut sebagai menstrual cup. Peralatan yang berbentuk mangkuk dan terbuat dari plastik yang elastis ini diyakini mampu menampung darah yang keluar saat menstruasi. Fungsi dari menstrual cup ini sebenarnya hampir sama dengan tampon. Karena cukup banyak orang yang ingin tahu cara kerja dari menstrual cup ini, berikut ini adalah beberapa informasi tentang menstrual cup yang bisa kita ketahui.



Ramah lingkungan dan murah
Pakar kesehatan ternyata menganggap pembalut atau tampon bisa menghasilkan sampah dalam jumlah yang banyak, yakni hingga berton-ton setiap tahunnya. Dengan adanya menstrual cup ini, diharapkan produksi sampah dari peralatan menstruasi bisa dikurangi. Pakar kesehatan Jen Gunter, M.D, dari Kaiser Permanente San Fransisco menyebutkan bahwa menstrual cup ternyata bisa digunakan hingga tiga sampai empat tahun. Memang harga dari menstrual cup ini mencapai Rp 300 ribu, namun, karena bisa dipakai hingga bertahun-tahun, harga ini jelas lebih murah jika dibandingkan dengan membeli pembalut setiap bulannya.

Mudah digunakan
Menstrual cup ternyata terbagi menjadi dua ukuran, yakni untuk wanita dengan usia di bawah 30 tahun atau belum pernah hamil, dan untuk wanita berusia lebih dari 30 tahun. Menstrual cup ini sangat elastis sehingga bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh siapapun. Satu hal yang pasti, menstrual cup sangat mudah untuk digunakan karena kita hanya perlu memasukannya begitu saja dan memastikan bahwa isinya tidak tumpah.

Lebih higienis
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membuang isinya dan mencuci menstrual cup dengan sabun yang bebas minyak setiap 12 jam. Jika tidak, kita hanya perlu membersihkannya dengan air minum dan kemudian dilap dengan tisu biasa. Setelah fase menstruasi selesai, kita hanya perlu mencuci menstrual cup hingga bersih dan direbus dalam air mendidih selama 5 hingga 10 menit. Hal ini berarti, asalkan dirawat dengan benar, menstrual cup akan cenderung jauh lebih higienis untuk digunakan.