Mengenal Meatal Stenosis

DokterSehat.com – Meatal Stenosis adalah suatu kondisi dimana terjadi penyempitan lubang uretra, suatu lubang pembuangan urine (air kencing) dari tubuh. Jenis penyakit ini dapat menyerang semua kalangan manusia, baik pria maupun wanita, namun, penyakit ini cenderung lebih sering terjadi pada kaum laki-laki. Biasanya gejala umum yang terjadi pada penyakit ini adalah adanya kekuatan dan arah aliran dari kemih. Dengan adanya lubang pembuangan urine yang semakin menyempit, maka saat melakukan buang air kecil, penderitanya akan merasa sangat tidak nyaman, khususnya bagi kaum pria. Jika keadaan sudah cukup parah, bahkan setelah buang air kecil dapat terjadi pendarahan atau hematuria, atau juga adanya infeksi saluran kemih.



Pada kaum pria, Meatal stenosis dapat disebabkan oleh beberapa hal, namun seringnya penyakit ini terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan oleh kegiatan sunat bayi yang baru lahir. Peradangan ini kemudian dapat mengarah ke adanya pertumbuhan jaringan normal dan juga jaringan parut di uretra. Yang menjadi masalah adalah, gejala penyakit ini biasanya tidak terdeteksi hingga sang anak dilatih untuk mengontrol dan buang air kecil dengan sendirinya. Sementara itu, pada kaum wanita, adanya meatal stenosis ini biasanya terjadi karena bawaan dari lahir. Adanya bawaan kelainan ini dapat menyebabkan adanya infeksi saluran kemih, bahkan dalam beberapa kasus dapat hingga membasahi tempat tidur. Meskipun biasanya terjadi pada kalangan anak-anak, namun kondisi ini juga dapat dialami pula oleh wanita dewasa.

Untuk pengobatannya, meatal stenosis pada kaum wanita dapat dilakukan sebuah perawatan yang menggunakan anestesi lokal yang dapat mematikan rasa pada daerah (saluran) yang akan diperlebarkan dengan suatu instrument khusus. Sementara itu, untuk kaum pria, pengobatan harus dilakukan dengan melakukan suatu pembedahan yang ditujukan untuk memperbesar saluran urine.