Mengenal Masalah Keputihan Lengket Bagi Wanita

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang sangat tidak diinginkan bagi kaum hawa adalah keputihan. Bagi wanita yang sudah menikah, keputihan bisa menyebabkan masalah besar dan menurunkan rasa percaya diri. Pada miss V, keputihan yang normal bisa menyebabkan adanya cairan bening dan transparan namun berwarna keputih-putihan. Meskipun cairan ini biasanya encer, tidak mengeluarkan bau menyengat, dan juga tidak menimbulkan rasa gatal, namun tentu wanita tidak akan nyaman memiliki hal ini. Sayangnya, ada jenis keputihan yang tidak normal dimana cairan yang keluar sangat kental dan lengket dan harus diwaspadai.

doktersehat-Gonore-Kencing-Nanah-keputihan-celana-dalam

Keputihan lengket atau yang disebut dengan patologis ini bisa memicu rasa gatal pada miss V wanita dan karena cairan ini cenderung keluar dengan jumlah yang banyak, maka kita bisa melihat adanya bercak putih pada pakaian dalam. Cairan yang dikeluarkan oleh keputihan lengket bisa berwarna kekuningan, kehijauan, dan seringnya berupa putih kental layaknya susu. Pakar kesehatan menyebut jenis keputihan ini sebagai sebuah gejala adanya penyakit atau gangguan pada miss V atau bahkan di area rahim. Jika penderita gangguan keputihan lengket ini terjadi pada ibu hamil, janin dalam kandungan bahkan beresiko mendapatkan masalah kesehatan.

Keputihan lengket bisa keluar dengan frekuensi yang cukup sering dan terjadi dalam waktu yang lama, apalagi jika si wanita memang kurang memperhatikan kebersihan area miss V. Banyak wanita yang mencoba untuk menyembuhkan masalah keputihan lengket ini dengan terapi jamu dan obat-obatan yang dibeli sendiri di apotek. Namun, jika anda mengalami masalah keputihan lengket, ada baiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis kelamin agar mendapatkan penanganan yang paling tepat.

Untuk mencegah terjadinya keputihan lengket, kita tentu harus merawat organ kewanitaan kita dengan baik dan benar. Sabun biasa tentu saja akan kurang cocok dengan area miss V. Carilah sabun kewanitaan yang biasanya sudah memiliki ekstrak daun sirih yang cocok dengan kebutuhan kebersihan area miss V. Anda sendiri bisa memakai cara tradisional dengan memakai air rebusan daun sirih untuk membersihkan area kewanitaan anda.