Mengenal Masalah Cegukan Dalam Tubuh

DokterSehat.Com – Cegukan adalah sebuah kondisi dimana kita akan membuat bunyi dengan sedikit hentakan pada area diafragma diantara tulang rusuk dan perut. Meskipun dianggap tidak berbahaya, cegukan tentu akan sangat mengganggu, khususnya jika kita membutuhkan konsentrasi tinggi mengingat cegukan bisa membuyarkan konsentrasi dengan mudah. Memang, kebanyakan orang hanya akan mengalami cegukan dalam beberapa menit saja, namun, pernah ada orang yang melaporkan cegukannya terjadi hingga beberapa jam atau beberapa hari lamanya.

doktersehat-sesak-nafas-asma

Jika kita mengalami cegukan yang singkat, cegukan ini biasanya disebabkan oleh hal-hal yang tidak terlalu berat layaknya perut kembung, makan yang dilakukan terlalu cepat, memakan makanan yang terlampau pedas, konsumsi alkohol, minuman bersoda, hingga minuman panas, atau bahkan karena suasana hati layaknya saat sedang stress atau takut.

Secara medis, cegukan bisa terjadi karena beberapa gangguan dari organ-organ tubuh. Sebagai contoh, cegukan yang disebabkan oleh gangguan metabolisme biasanya berupa masalah hipoglikemia, hiperglikemia, atau bahkan masalah diabetes. Jika cegukan disebabkan oleh sistem saraf, maka beberapa penyakit layaknya gangguan pada saraf vagus, penyakit meningitis, faringitis, hingga adanya peradangan apda jaringan otak bisa ditemukan. Selain itu, gangguan pada saluran pernafasan atau bahkan gangguan pada saluran pencernaan bisa menjadi penyebab cegukan dalam waktu singkat.

Jika cegukan tidak segera menghilang, kita bisa melakukan beberapa cara mudah layaknya dengan menahan nafas hingga cegukan menghilang. Selain itu, kita juga bisa meminum air dingin, mencicipi cuka atau menggigit lemon, hingga berbaring hingga lutut menyentuh dada untuk beberapa saat. Trik-trik tersebut diyakini akan segera membuat cegukan segera mereda. Sayangnya, jika cegukan sama sekali tidak mengalami perubahan berarti dan berlangsung sangat lama, hingga melebihi dua hari, maka anda tentu harus segera melaporkannya untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.