Mengenal Maag Akut, Penyakit yang Diderita dr. Ryan Thamrin

DokterSehat.Com – Meskipun masih simpang siur penyebab kematian dari dr. Ryan Thamrin, ada banyak orang yang menduga jika penyakit maag akut menjadi pemicunya. Apalagi salah satu anggota keluarganya juga sempat membenarkan bahwa beliau memang menderita masalah kesehatan ini. Sebenarnya, seperti apakah penyakit maag akut ini dan bagaimana cara mencegahnya?

doktersehat-tukak-lambung-Ulkus-Peptikum-kanker

Data kesehatan tahun 2012 menyebutkan bahwa penyakit maag ternyata banyak diderita oleh masyarakat tanah air, tepatnya mencapai 40,8 persen dari total seluruh populasi. Yang menjadi masalah adalah, kebanyakan orang menganggap maag sebagai masalah kesehatan yang tidak perlu dikhawatirkan. Padahal, jika penyakit ini muncul dan dibiarkan begitu saja, ada dampak kesehatan yang cukup serius yang bisa kita dapatkan.

Keluhan pertama yang akan kita rasakan jika mengalami serangan maag adalah sakit perut, mual-mual, muntah, rasa nyeri pada dada, perut kembung, perut begah, dan mulut yang terasa asam. Salah satu penyebab dari maag ini sendiri adalah penyakit asam lambung yang menyebabkan asam lambung atau isi perut naik hingga ke kerongkongan. Dalam beberapa kasus yang cukup jarang terjadi, maag juga bisa memicu datangnya kanker perut yang mematikan.

Ada banyak sekali penyebab dari penyakit maag akut ini. Namun, salah satunya adalah kebiasaan makan yang tidak teratur dan sembarangan. Jika kita makan di waktu yang tidak teratur, lambung akan kesulitan untuk beradaptasi dan akhirnya mengalami kelebihan asam lambung. Jika hal ini terjadi, maka dinding mukosa lambung akan mengalami iritasi dan akhirnya menyebabkan rasa perih.

Untuk mencegah sakit maag, pakar kesehatan menyarankan kita memperbaiki pola makan dan waktu makan agar lebih sehat, menghindari makanan yang asam dan berlemak, tidak tiduran setelah makan, tidak makan terlalu banyak, serta tidak mengkonsumsi kopi jika memang lambung kurang nyaman dengan kandungan dari minuman ini.