Mengenal Leukimia, Kanker yang Membuat Suami Artis Ririn Ekawati Meninggal

DokterSehat.Com – Belum surut pemberitaan mengenai meninggalnya artis Julia Perez, dunia hiburan tanah air kembali dikejutkan oleh meninggalnya suami dari artis dan model Ririn Ekawati bernama Fery Wijaya. Yang cukup mengenaskan, Fery meninggal tatkala Ririn sedang melakukan ibadah umroh sehingga tidak bisa mendampinginya di saat-saat terakhirnya.



Penyebab dari meninggalnya Fery sendiri adalah penyakit leukimia yang baru-baru ini menyerangnya. Namun, karena kondisinya yang masih berusia 30-an dan terlihat cukup bugar, pihak keluarga masih optimis dengan kesembuhannya sehingga sama sekali tidak menyangka jika Fery akhirnya berpulang secara mendadak. Sebenarnya, seperti apa leukimia yang menyebabkan Fery akhirnya bisa secara tiba-tiba drop dan meninggal dunia ini?

Pakar kesehatan spesialis penyakit dalam bernama dr. Lugyanti Sukrisman, SpPD, menyebutkan jika leukimia bisa dibagi menjadi dua jenis; yakni acute myelogenous leukimia (AML) serta acute lymphocytic leukimia (ALL). Leukimia jenis AML lebih sering menyerang orang dewasa sementara jenis ALL lebih sering ditemukan pada anak-anak meskipun bisa jadi orang dewasa juga terkena penyakit ini. Leukimia AML juga cenderung lebih banyak menyerang pria dibandingkan wanita, dan sayangnya, di Indonesia penyakit ini sering ditemukan pada mereka yang berada dalam usia produktif, yakni 30 hingga 59 tahun.

Penyebab dari leukimia ini sendiri masih belum bisa dipastikan meskipun ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh faktor genetik, paparan bahan kimia pada tubuh, kebiasaan merokok, dan lain sebagainya. Penderita leukimia sendiri masih bisa disembuhkan terkecuali yang sudah dalam kondisi yang sangat kronis. Untuk pengobatan penyakit ini, penderita leukimia bisa menjalani kemoterapi dengan 3 fase yakni fase induksi, konsolidasi, dan juga transplantasi. Bagi penderita leukimia kronis, mereka hanya bisa mendapatkan kesembuhan jika melakukan transplantasi sumsum tulang belakang atau mendapatkan obabt imantinib.