Mengenal Lebih Jauh Tentang Gigi Palsu Permanen Dan Jenis-Jenisnya

DokterSehat.com – Anda tertarik untuk memasang gigi palsu? Ada beberapa hal yang patut anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan memakai gigi palsu permanen atau jenis-jenis lainnya:

10

Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu biasa atau lepasan, di peruntukan untuk mengganti sebagian atau semua gigi yang tanggal. Gigi palsu jenis ini di desain sedemikian rupa agar pemakai bisa dengan mudah melepaskan dan memasangnya tanpa bantuan  dokter atau ahli gigi. Sehingga pemakai bisa leluasa melepaskan gigi kapan saja untuk membersihkan kotoran pada gigi. Pembuatannya pun relatif sederhana dan tidak memakan waktu yang lama, dan harganya pun relatif terjangkau.

Gigi Palsu Jaket (Mahkota)

Gigi palsu jaket atau mahkota dibuat untuk menyelimuti gigi asli yang sudah rusak tapi akar dan syarafnya masih berfungsi baik.

Gigi Palsu Permanen Dengan Sistem Implan

Ini adalah teknik terbaru dari pemasangna gigi palsu permanen yang ada saat ini. Bagaimana prosedur pemasangan gigi implan atau dental implant ini? Pemasangan di lakukan dengan cara menanam gigi palsu teresebut ke dalam gusi. Namun yang harus di ingat saat ingin memasang gigi palsu permanen dengan sistim implan ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi terlebih dahulu, beberapa persyaratan tersebut adalah: Tidak ada kelainan sistemik pada gusi pasien, bentuk rahang atas dan bawah memiliki lengkung yang sempurna, ketebalan tulang yang memadai dll. Biasanya dokter gigi akan memeriksa kondisi gusi dan rahang anda terlebih dahulu secara intensif sebelum memutuskan anda bisa melakukan implan gigi atau tidak.

Kelemahan dan Keunggulan Masing-Masing Jenis Gigi Palsu

Setiap Jenis Gigi Palsu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Untuk gigi lepasan keunggulan gigi jenis ini adalah ringan, mudah dibentuk, pemasangan yang mudah dan relatif murah, tapi gigi palsu ini mudah patah, berubah warna dan aus. Sedangkan gigi palsu jaket atau mahkota, keuntungannya pasien tidak perlu mencabut gigi asli, namun perawatannya harus ekstra karena jika terjadi kerusakan, akan berpengaruh pada pasak gigi yang mengakibatkan gigi palsu patah. Sedang  gigi implan pemakai akan terasa memiliki gigi asli dan bersifat permanen, namun pemasangannya cukup rumit, memakan waktu lama, jika ada kerusakan harus dibongkar kembali dan biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal. Jangan lupa pemasangan gigi palsu jenis ini sebaiknya hanya di lakukan oleh dokter gigi yang profesional agar anda terhindar dari resiko yang tidak di harapkan.