Mengenal Lebih Jauh Penyakit Kista Pada Wanita

DokterSehat.Com – Setiap wanita yang ada di dunia ini tidak lepas dari sebuah penyakit yang bernama kista sebab keberadaan penyakit ini erat hubungannya dengan organ reproduksi pada wanita. Kista yang dalam dunia medis lebih spesifiknya dinamakan kista ovarium merupakan salah satu penyakit yang menyumbang angka kejadian wanita menjadi mandul. Ovarium (indung telur) itu sendiri merupakan organ penghasil telur pada wanita yang nantinya akan dibuahi oleh sperma sehingga menghasilkan calon bayi. Setiap wanita mempunyai dua buah indung telur pada kanan dan kiri yang ukurannya sebesar biji kenari. Setiap indung telur berisi ribuan indung telur yang masih muda dan setiap bulannya akan membesar dan satu diantaranya membesar sangat cepat hingga menjadi telur yang matang dan siap dibuahi sperma.

doktersehat-kista-kanker-ovarium-Kanker-Amenore-Siklus-Menstruasi-yang-Terhenti

Kista indung telur merupakan bentuk tumor yang jinak yang tumbuh di kanan atau kiri pada indung telur. Karena umumnya bersifat jinak, kista dapat tumbuh secara sembunyi dan sering tidak dapat di deteksi selama beberapa tahun. Kista jinak juga tidak menyebabkan rasa nyeri dan jarang menimbulkan gangguan menstruasi, tetapi jika membesar dapat memberikan rasa tidak nyaman. Jenis-jenis kista itu bermacam-macam tergantung keganasannya. Kista yang paling banyak di derita wanita adalah kista jinak dengan ukuran kurang dari 5 sentimeter sehingga dapat mengecil sendiri setelah 2 hingga 3 bulan dan jarang menyebabkan seseorang menjadi infertile (mandul). Tetapi kista ganas (neoplastic) umumnya menyebabkan ibu susah hamil dan hamper semua jenis ini harus di operasi untuk dilakukan pengangkatan indung telur yang terkena.

Untuk menentukkan kista tersebut termasuk jinak atau ganas maka diperlukan pemeriksaan untuk membedakannya. Pemeriksaan awal berupa pemeriksaan fisik daerah perut yang dimana perbedaan yang paling menonjol perbedaannya adalah kista ganas akan memberikan gambaran penderitanya berupa perut membuncit terisi cairan. Pemeriksaan lanjutan yang dapat dilakukan adalah pemeriksan ultrasonografi (USG), dengan teropong (lapaoskopi) hingga CT Scan ataupun MRI. Kondisi-kondisi yang harus kita perhatikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter dengan kecurigaan kearah penyakit kista seperti, nyeri yang hebat saat sepanjang haid hingga menyebabkan mual dan muntah, siklus mens yang tidak teratur tiap bulannya dengan waktu mens yang kadang memanjang atau memendek, bertahun-tahun sulit mendapatkan keturunan, perut yang membesar tapi tidak dirasakan adanya bayi didalamnya hingga benjolan asing pada sisi perut.

Baca Juga:  Gejala dan Penyebab Kanker Prostat

Hal yang paling penting dalam penatalaksanaan kista adalah segera hubungi dokter khususnya dokter kebidanan dan kandungan untuk dapat di tegakkan penyakitnya. Dan yang perlu digaris bawahi setiap wanita beriko terkena kista, tetapi tidak semua kista dapat menyebakan kemandulan.