Mengenal Lebih Dekat Abses Parafaringeal

DokterSehat.Com – Abses Parafaringeal adalah penimbunan nanah di dalam kelenjar getah bening yang terletak di samping tenggorokan (faring). Abses parafaringeal biasanya terjadi setelah faringitis atau tonsilitis.

18

Penyebab

Diketahui bahwa penyebab penyakit ini adalah bakteri atau virus.

Gejala

Penderita yang mengalami penyakit ini biasanya akan merasakan gejala seperti leher bagian depan atau di bawah rahang yang tampak membengkak, selain itu penderita juga mengalami gangguan menelan dan nyeri tenggorokan.

Diagnosis

Diagnosis terhadap penderita penyakit ini dilakukan dengan melihat gejala-gejala yang dialami penderita.

Pengobatan

Penderita penyakit ini biasanya akan diberikan suntikan penicillin, lalu dilanjutkan dengan penicillin dengan cara ditelan.

Pantangan penderita abses parafaringeal

Penderita penyakit ini harus memantangi segala hal yang berhubungan dengan penyakit ini. Dan karena penyakit ini disebabkan oleh virus atau bakteri, maka penderita harus menghindari lingkungan yang faktor kesehatanya buruk, supaya tidak membuat penyakit ini bertambah parah. Selain itu, penyakit ini juga berhubungan dengan gangguan pada tenggorokan penderita, oleh karena itu penderita sebaiknya memantangi segala makanan yang dapat memperparah penyakitnya itu, khususnya makanan yang terlalu banyak mengandung minyak atau pedas.