Mengenal Lebih dalam Kanker Testis

DokterSehat.Com – Bagi kaum pria, kesehatan organ vital adalah hal yang harus dijaga dengan baik. Bagaimana tidak, jika organ vital pria mengalami masalah kesehatan, maka setidaknya Ia akan berpotensi mengalami gangguan pada kesehatan reproduksi dan juga kesehatan saluran kemih atau ginjal. Salah satu masalah kesehatan yang bisa menyerang organ vital adalah kanker testis. Bagaimana kanker testis ini bisa terjadi?

doktersehat-obat-kolesterol-pikun

Bagi kaum wanita resiko yang cukup besar menyerang organ vitalnya adalah kanker ovarium atau kanker rahim yang menyerang indung telur. Bagi pria sendiri, kanker ini bisa berkembang pada testis pria. Yang menjadi masalah adalah, testis inilah bagian dari organ vital pria yang bertanggung jawab akan produksi sel sperma dan hormon testosteron, dua hal yang berpengaruh besar pada kesehatan reproduksi dan kesehatan kelamin pria secara keseluruhan. Posisi testis sendiri berada pada bawah penis pria yang sering disebut sebagai buah zakar.

Dalam organ testis pria sendiri, kita akan menemukan epididimis atau juga kerap disebut sebagai tandan yang memiliki fungsi sebagai tempat sperma. Saat pria melakukan hubungan intim dengan pasangannya, sperma yang berawal dari epididimis ini akan mengalir menuju spermatic cord atau yang juga disebut sebagai vas deferens dan kemudian terus mengalir menuju uretra untuk mengalami ejakulasi.

Jika testis ini terserang kanker, maka sel kanker bisa terus berkembang dengan cara membelah diri tanpa terkendali sehingga menyebabkan munculnya tumor pada testis. Jikahal ini dibiarkan begitu saja, maka kanker akan berkembang pesat melebihi area testis saja dan mempengaruhi organ-organ lain yang tentu akan semakin berbahaya. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika pria dengan usia 20 tahun hingga 25 tahun cukup rentan untuk mengalami kanker testis. Rasio pria yang terkena kanker testis sendiri bisa mencapai 8/12 orang untuk setiap 100.000 pria. Untungnya, pakar kesehatan menyebutkan jika 90 persen dari kasus kanker testis ini bisa disembuhkan, asalkah pria mau langsung melaporkan kondisi ini ke dokter sehingga kanker testis pun akan semakin lebih mudah untuk diatasi.