Mengenal Lebih Baik Makanan Gluten Free

DokterSehat.Com – Masyarakat Indonesia kini mulai menyadari betapa pentingnya menjaga pola makan yang lebih sehat setiap hari. Selain mulai mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, kini kita tentu sering mendengar adanya makanan dengan label “gluten free”. Bagi sebagian masyarakat yang masih awam dengan istilah ini tentu bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan gluten free. Apakah makanan ini kurang baik bagi kesehatan atau justru sebaliknya? Berikut adalah penjelasan mengenai istilah gluten free.

doktersehat-roti

Gluten sendiri sebenarnya termasuk dalam jenis protein. Biasanya, kita bisa menemukan kandungan ini pada makanan dengan bahan dasar gandum. Namun, secara umum bahan protein gluten ini bisa ditemui dalam makanan yang terbuat dari biji-bijian layaknya gandum, jelai, kue, pasta, sereal, roti, saus, kecap, atau bahkan minuman bir. Bahan makanan yang terbuat dari bahan biji-bijian sendiri dikenal luas cukup baik bagi mereka yang ingin menghindari masalah penyakit diabetes atau penyakit jantung. Lantas, mengapa diciptakan makanan gluten free atau bebas gluten?

Jawabannya adalah ternyata ada banyak orang yang memiliki masalah celiac atau yang disebut juga dengan intoleransi gluten. Jika penderita penyakit ini mengkonsumsi makanan dengan kandungan gluten, maka tubuh pun akan menganggap gluten sebagai kandungan berbahaya bagi tubuh sehingga berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi tidak akan bisa diserap. Hal ini bisa membuat penderitanya mengalami sakit perut, masalah perut kembung, diare, hingga beberapa penyakit berbahaya layaknya kekurangan zat besi, kekurangan folat sekaligus vitamin B 12, hingga osteoporosis dan resiko tinggi terkena kanker usus. Karena alasan inilah penderita penyakit celiac bisa mengkonsumsi makanan gluten free demi kesehatan tubuh mereka.

Kita yang tidak memiliki masalah konsumsi celiac atau intoleransi pada bahan makanan gluten sama sekali, tidak perlu mengkonsumsi makanan gluten free karena tidak akan memberi manfaat apapun pada tubuh kita. Selain itu, harga makanan gluten free juga cenderung lebih mahal sehingga ada baiknya kita mengkonsumsi makanan seperti biasa saja asalkan memiliki gizi yang seimbang.