Mengenal Kutil Kelamin dan Penyebabnya

DokterSehat.com – Penyakit kutil adalah penyakit yang sudah sangat diakrabi banyak orang. Penyakit yang berupa benjolan kecil yang tumbuh di kulit ini biasanya terjadi karena kurangnya kebersihan tubuh. Kutil dapat tumbuh di berbagai area di tubuh manusia, namun salah satu yang cukup meresahkan adalah kutil yang tumbuh di alat kelamin yang mempunyai nama latin condilloma atau genital warts. Kutil kelamin adalah penyakit kelamin yang dapat dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Sifatnya yang mudah menular membuatnya cukup meresahkan. Namun, sebenarnya kutil kelamin ini adalah penyakit yang jinak dan dapat dicegah dengan obat kutil kelamin.

14

Meskipun terkesan jinak dan mudah diobati, terdapat resiko yang lebih besar jika terjadi pembiaran pada penyakit ini. Kutil kelamin bisa saja tumbuh menjadi seperti kembang kol atau bahkan seperti jengger ayam. Kutil di kelamin ini dapat menjadi sangat mengganggu dan bahkan dapat menjadi beban psikologis bagi penderitanya.

Penyebab dari penyakit kutil kelamin ini adalah virus bernama Human Papiloma Virus atau bisa disingkat menjadi HPV. Virus HPV ini menginfeksi lapisan permukaan kulit. Terdapat lebih dari 100 jenis virus HPV tapi sebenarnya hanya sebagian kecil yang menyebabkan penyakit kutil kelamin ini.

Terjadinya penularan kutil kelamin ini dikarenakan kontak seksual dengan yang telah terinfeksi. Penyakit ini muncul dalam durasi setelah tiga bulan hingga beberapa tahun setelah melakukan kontak seksual. Kutil kelamin dapat dengan mudah menular pada orang orang yang melakukan kontak seksual dengan banyak pasangan tanpa pengaman, atau memiliki pasangan yang ternyata sudah terinfeksi.

Pencegahan yang paling baik adalah tidak melakukan hubungan seksual dengan yang terinfeksi, atau jika memang harus melakukannya, pemakaian kondom dapat membantu pencegahan ini. Untuk pengobatan, penyakit ini dapat disembuhkan berbagai ahli pengobatan penyakit kelamin baik yang dalam lingkup medis maupun alternatif.

Baca Juga:  Penelitian: Oat Memang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat di Dalam Darah