Mengenal Kondisi Aterosklerosis Pada Pembuluh Darah

DokterSehat.Com – Kita seringkali mendengar istilah penyempitan pembuluh darah yang sangat membahayakan bagi kesehatan jantung kita. Namun, pernahkah anda mendengar istilah aterosklerosis? Asterosklerosis sendiri adalah istilah medis untuk penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, hal ini bisa menyebabkan penyumbatan aliran darah dan bisa memicu stroke yang tentu akan sangat mematikan.

doktersehat-kolesterol

Aterosklerosis terjadi pada pembuluh arteri, sebuah pembuluh darah yang memiliki tugas mengalirkan darah yang berasal dari jantung ke berbagai penjuru bagian tubuh. Pembuluh arteri memiliki lapisan sel tipis yang disebut sebagai endotelium yang memiliki tugas menjaga aliran darah tetap lancar. Sayangnya, jika kita memiliki gaya hidup yang buruk layaknya suka merokok, mengkonsumsi alkohol, hingga memiliki kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi ternyata bisa membaut lapisan endotelium ini rusak dan mempengaruhi aliran darah. Rusaknya lapisan endotelium ini terjadi karena serangan kolesterol jahat atau LDL yang bisa dengan mudah memasuki dinding pembuluh arteri sehingga di dalam pembuluh darah pun akan terbentuk plak. Plak yang berupa tumpukan kolesterol dan berbagai zat buruk lainnya inilah yang pada akhirnya bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi tersumbat, menyempit, atau bahkan mengeras sehingga resiko terkena penyakit stroke pun cukup tinggi.

Sebuah penelitian yang melibatkan 262 partisipan yang diyakini memiliki jantung sehat ternyata memberikan hasil yang sangat mengejutkan dimana 52 persen dari semua partisipan telah memiliki aterosklerosis pada pembuluh darah, dimana sebagian besar dari penderita aterosklerosis memiliki usia lebih tua dari 50 tahun. Namun, meskipun memiliki porsentase yang kecil, remaja juga memiliki resiko cukup besar untuk memiliki aterosklerosis. Adanya fakta ini menunjukkan bahwa kita tentu harus waspada akan kondisi aterosklerosis sehingga harus pandai-pandai melakukan pencegahan dengan mengubah gaya gidup.

Baca Juga:  Hati-Hati Menggunakan Pengharum Ruangan

Selain menggentikan kebiasaan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kita juga harus pandai-pandai mengendalikan berat badan dengan ideal, tekanan darah dan kadar kolesterol dalam level normal, hingga tingkat stress kita. Selain melakukan olahraga dengan teratur, jangan pernah lupakan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang diyakini mampu menekan resiko terkena aterosklerosis dengan signifikan.