Mengenal Kolesterol Dalam Darah

DokterSehat.Com – Kolesterol kini dikenal sebagai salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat modern. Kolesterol dalam kadar yang cukup tinggi di dalam darah sering disebut sebagai penyebab utama dari masalah kesehatan pada jantung dan memunculkan resiko terkena stroke cukup tinggi. Melihat begitu berbayanya kolesterol dalam jumlah berlebihan dalam tubuh, masyarakat pun menjadi takut dengan kolesterol di dalam tubuh. Padahal, tubuh manusia justru membutuhkan kolesterol di dalam tubuhnya, khususnya dalam hal memperkuat berbagai jaringan sel dan juga organ tubuh. Terdapat beberapa kolesterol yang berada dalam tubuh manusia yang bisa kita kenali sebagai berikut.



Tidak semua kolesterol ternyata membahayakan bagi tubuh manusia. Memang, kolesterol yang membahayakan manusia kini cukup mudah untuk didapatkan melalui pola makan dan pola hidup yang sangat buruk. Kolesterol yang kerap disebut sebagai kolesterol jahat ini disebut sebagai kolesterol LDL atau yang kerap disebut sebagai Low Density Lipoprotein. Jenis kolesterol ini bisa membuat banyak plak atau bahkan tumpukan lemak yang bisa menutupi atau menyumbat pembuluh darah dan arteri. Sumbatan inilah yang bisa membuat masalah besar dalam hal peredaran darah dan organ jantung. Jika dalam pembuluh darah telah tersumbat dengan banyak kolesterol LDL, maka bisa jadi kita memiliki resiko terkena stroke yang sangat tinggi.

Jenis kolesterol lain adalah kolesterol HDL atau High Density Lipoprotein yang kerap disebut kolesterol baik. Kolesterol inilah yang membawa kolesterol jahat untuk dinetralisir pada organ hati. Kita harus memastikan kadar kolesterol sehat ini cukup tinggi agar resiko terkena stroke pun menjadi menurun. Jenis kolesterol lain adalah trigliserida yang merupakan lemak yang dapat memproduksi energi bagi tubuh. Kadar trigliserida haruslah normal dan tidak berlebihan agar tubuh tidak beresiko terkena serangan jantung.

Baca Juga:  Waspada Tamponade Jantung!

Setelah mengenal beberapa macam kolesterol baik yang baik maupun yang buruk, kita harus mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kita dalam kondisi yang seimbang agar tidak beresiko terkena serangan jantung. Pola makan yang sehat, olahraga yang cukup, dan juga istirahat yang baik dapat membantu kita menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dengan seimbang.