Mengenal Kode Warna yang Ada Pada Kemasan Pasta Gigi

DokterSehat.Com – Di media sosial belakangan ini cukup ramai informasi tentang kode warna yang ada pada ujung kemasan pasta gigi. Dalam informasi ini, disebutkan bahwa warna biru menandakan bahwa pasta gigi ini terbuat dari bahan natural dan obat-obatan tertentu. Sementara itu, warna hijau menandakan bahwa pasta gigi ini hanya dibuat dari bahan alami. Warna merah disebut-sebut menandakan adanya kombinasi bahan alami dan bahan kimia. Sedangkan warna hitam menandakan jika bahan pembuat pasta gigi ini murni hanya bahan kimia. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-sikat-gigi-pasta-odol

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa informasi ini ternyata tidak bisa dipertanggungjawabkan. Sebagai informasi, meskipun pasta gigi terbuat dari bahan alami, bahan-bahan tersebut sebenarnya juga sudah dijadikan bahan kimia. Tak hanya itu, kandungan obat-obatan yang disebutkan dalam informasi tersebut juga belum benar-benar jelas seperti apa.

Yang menarik adalah, kode warna pada ujung kemasan pasta gigi ternyata tidak berkaitan sama sekali dengan bahan yang digunakan pada pasta gigi tersebut. Sebenarnya, tanda ini hanya merupakan tanda dari kemasan saja yang berkaitan dengan pengemasan  produk pasta gigi ini. Tanda yang disebut sebagai eye marks ini dibuat agar sensor yang ada pada mesin pembuat kemasan pasta gigi bisa menentukan secara pasti posisi dimana mereka harus memotong, melipat, hingga menyegel kemasan tersebut sebelum dijual ke pasaran.

Tak hanya menjadi tanda bagi mesin kemasan pasta gigi, kode warna ini sendiri hanya berfungsi sebagai tempat dimana logo, nama produk pasta gigi, hingga informasi tentang berbagai bahan yang ada pada pasta gigi tersebut. Jika kita mengecek kemasan pasta gigi, terlihat jelas bahwa kode warna ini terlipat atau terpotong tepat pada ujung kemasan. Selain itu, kode warna ini ternyata juga memiliki cukup banyak warna, termasuk yang tidak memiliki warna. Warna-warna ini disesuaikan dengan kebutuhan sensor pada mesin pembuat kemasan produk pasta gigi.

Baca Juga:  Semakin Banyak Busa Berarti Semakin Baik Pasta Gigi?

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak perlu ragu lagi dalam memilih pasta gigi. Belilah yang sekiranya cocok dengan kebutuhan perawatan gigi kita.