Mengenal Kleptomania, Gangguan Kejiwaan Yang Membuat Seseorang Ingin Mencuri

DokterSehat.Com – Terdapat banyak sekali jenis penyakit kejiwaan yang bisa menyerang seseorang. Namun, terdapat sebuah penyakit yang cenderung aneh karena bisa membuat seseorang melakukan pencurian berkali-kali meskipun penderitanya sama sekali tidak memiliki niat untuk mencuri atau bahkan membutuhkan barang hasil curiannya sama sekali. Penyakit ini adalah penyakit kleptomania. Kleptomania bisa membuat pikiran seseorang terganggu dan tiba-tiba merasa sangat ingin mencuri sesuatu dan jika tidak dilakukan, maka Ia pun bisa mengalami rasa penasaran dan cemas secara berlebihan. Pakar kesehatan menyebutkan jika kleptomania bisa terjadi karena seseorang mengalami masalah kurangnya pasokan darah menuju ke beberapa bagian di otak sehingga mempengaruhi keinginan berlebihan untuk mencuri ini.

doktersehat-Skizofrenia-gangguan-kepribadian-ambang

Dengan otak yang mengalami kekurangan pasokan darah, maka otak pun secara tidak langsung akan kekurangan asupan oksigen dan berbagai nutrisi yang dibawa oleh darah. Kurangnya oksigen dan nutrisi ini ternyata akan menimbulkan gangguan fungsi pada beberapa sirkuit pada otak dan masalah neurologi yang pada akhirnya memicu masalah gangguan kejiwaan kleptomania.

Pakar kesehatan menyebutkan jika gejala kleptomania ini bisa berlangsung dalam tempo beberapa minggu saja namun banyak kasus yang melaporkan jika penderita kleptomania bisa memiliki keinginan mencuri barang hingga bertahun-tahun lamanya. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang pada akhirnya harus berurusan dengan hukum dan mendapatkan hukuman yang cukup lama justru karena Ia mengidap penyakit yang membuatnya melakukan perbuatan kurang terpuji ini.

Pakar kesehatan menyebutkan jika seseorang yang mengidap kleptomania sebaiknya mau jujur pada dirinya sendiri dan pada keluarga atau teman-temannya sehingga bisa mendapatkan bantuan untuk membuatnya sembuh. Pemeriksaan ke dokter, khususnya yang ahli di bidang kejiwaan juga diperlukan untuk membuat penderitanya pun bisa segera disembuhkan sebelum mendapatkan masalah hukum yang tentu akan membuat penderita kleptomania akan mendapatkan hal yang jauh lebih buruk.