Mengenal Kelainan Rahim dan Efeknya pada Kehamilan

radang leher rahim (servisitis)-doktersehat

DokterSehat.Com– Bentuk rahim wanita ternyata dapat berpengaruh pada kehamilan. Beberapa wanita dengan kelainan rahim ada yang mengalami kesulitan untuk hamil, namun ada juga yang tidak dapat dengan hamil atau hamil dengan risiko keguguran tinggi. Apa saja kelainan rahim tersebut?

Kelainan rahim dan pengaruhnya pada kehamilan

Bentuk rahim wanita umumnya berbentuk seperti buah pir atau alpukat dengan panjang sekitar 8 cm dengan lebar 5 cm. Secara umum, organ kelamin dan reproduksi wanita yang normal memiliki bentuk, ukuran dan struktur yang sama, namun kadang ada juga yang mengalami kelainan rahim. Beberapa kelainan rahim antara lain:

1. Arcuate uterus

Sekilas bentuk arcuate uterus tampak normal, namun bedanya di bagian atas rahim terdapat sedikit lekukan. Bagi Anda yang memiliki kelainan ini tidak perlu khawatir karena tidak berpengaruh pada kehamilan dan kelahiran.

2. Bicornuate uterus
Rahim berbentuk bicornuate uterus ditandai dengan rahim yang memiliki lekukan dalam di bagian atas sehingga rahim berbentuk seperti hati. Kelainan rahim jenis ini disebut bicornuate karena rahim tampak memiliki dua ‘tanduk’. Umumnya kelainan rahim ini masih memungkinkan wanita untuk hamil namun memiliki risiko tinggi untuk keguguran dan prematur.

3. Unicornuate uterus
Rahim yang normal memiliki dua saluran tuba falopi, sedangkan untuk ukuran rahim unicornuate uterus hanya memiliki satu saluran tuba falopi. Kelainan ini sering disebut dengan uterus satu tanduk atau unicornuate. Wanita dengan unicornuate uterus masih bisa mengandung dengan baik, namun memiliki risiko keguguran yang tinggi.

4. Uterus didelphys
Uterus didelphys adalah kelainan di mana wanita memiliki dua vagina, dua serviks dan tetap memiliki dua tuba falopi. Kondisi ini juga sering disebut dengan rahim ganda. Uterus didelphys terjadi akibat saat pembentukan organ rahim pada janin, tidak terposah secara sempurna sehingga menyebabkan perempuan terlahir dengan dua rahim. Pada beberapa kasus, wanita dengan kelainan ini tetap dapat hamil dan melahirkan seperti biasa namun memiliki risiko prematur dan sungsang yang tinggi.

5. Septate uterus

Septate uterus adalah kondisi dimana rahim wanita terbagi menjadi dua bagian oleh jaringan otot seperti sekat. Sekat ini dapat memanjang hingga ke dalam rahim, dan bisa juga memanjang hingga leher rahim. Wanita dengan kelainan septate uterus umumnya sulit hamil dan berisiko tinggi mengalami keguguran.

Wanita dengan kelainan rahim umumnya tetap dapat hamil dan melahirkan meskipun membutuhkan perawatan khusus dan memiliki beberapa risiko tersendiri. Sebaiknya segera periksakan pada dokter kandungan jika Anda merasa memiliki gangguan kesuburan.