Mengenal Kanker Tulang Dengan Lebih Baik

DokterSehat.Com – 1 Juni lalu dikenal luas sebagai hari kanker tulang, sebuah penyakit yang cukup berbahaya dan bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun semua tulang pada tubuh kita memiliki resiko terkena penyakit berbahaya ini, kanker tulang akan cenderung menyerang tulang pada tangan dan juga kaki. Secara medis, kanker tulang sendiri dibagi menjadi dua jenis, yakni kanker tulang primer yang merupakan kanker yang secara langsung diawali dan berkembang pada tulang dan kanker tulang sekunder yang merupakan kondisi dimana tulang akhirnya ikut terkena kanker akibat terkena kanker yang sudah ada di area lain sebelumnya.

meniscus 3

Pakar kesehatan sendiri masih belum bisa menentukan penyebab pasti dari penyakit berbahaya ini. Namun, ada dugaan adanya mutasi pada struktur DNA yang menjadi penyebab munculnya kanker yang menyerang struktur tulang. Hanya saja, ada beberapa orang yang pernah terkena paparan radiasi tinggi layaknya mereka yang pernah melakukan radioterapi, pernah terkena kanker mata retinoblastoma, pernah mengalami hernia umilitikus, hingga terkena masalah tulang semenjak kecil layaknya terkena penyakit paget adalah orang-orang yang memiliki resiko besar terkena tulang di masa depan.

Gejala dari kanker tulang sendiri biasanya diawali dengan rasa nyeri pada tulang yang akan semakin terasa seiring dengan waktu. Bahkan, rasa nyeri ini akan cenderung meningkat saat tulang digerakkan di malam hari. Area tulang yang terkena kanker juga akan cenderung membengkak dengan warna kemerahan. Jika pembengkakan ini terjadi pada persendian, maka persendian ini tidak akan mudah digerakkan. Setelah itu, tulang akan cenderung lebih lemah dan sangat mudah patah.

Sayangnya, banyak orang yang menyalahartikan gejala kanker tulang dengan radang sendi karena memang cenderung mirip. Ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat dan kanker tulang pun bisa segera disembuhkan.