Mengenal Inhaler Untuk Penderita Asma

Dokter Sehat – Asma merupakan suatu penyakit yang dimulai di paru-paru, kebanyakan obat asma di hirup kedalam paru-paru untuk mengobati sumber masalahnya. Tapi inhaler genggam bekerja lebih cepat karena obat langsung dihantarkan ke paru-paru sehingga efek samping yang di timbulkan lebih sedikit daripada obat versi cair, dan obat yang di telan.

10

Inhaler memiliki kemiripan dengan pipa, diujungnya terdapat pipa yang melengkung ke samping. Secara fisik, bentuk tersebut memang dicocokkan dengan penggunanya, ujung yang melengkung ke samping tersebut akan dimasukkan ke dalam mulut.

Berikut ini adalah cara menggunakan inhaler :

  1. Kocok inhaler dan lepaskan tutupnya
  2. Pegang inhaler tegak dengan corong dibagian bawah
  3. Hadapkan kepala sedikit keatas, dan hembuskan nafas pelan-pelan
  4. Ada dua cara untuk posisi inhaler spacer, Anda bisa memegang inhaler 1 inci sampai 2 inci didepan mulut terbuka. Mungkin cara ini sangat sulit bagi beberapa orang.
  5. Bernapas perlahan-lahan
  6. Tahan napas selama 10 detik, ini akan membiarkan obat menetap diparu-paru Anda.

Sangat penting untuk membedakan inhaler asli dan yang palsu, bagaimanapun juga penderitalah yang nanti akan rugi bila inhaler yang dibeli adalah palsu. Agar aman, pembelian inhaler sebaiknya langsung ke apotek- apotek yang sudah ternama dan memiliki reputasi baik, atau bisa juga mengikuti petunjuk dari dokter kira-kira inhaler model yang manakah yang sesuai dengan yang kita butuhkan.

Inhaler sifatnya sangat krusial, maka sebaiknya kita menyimpan inhaler di tas yang sering kita pakai. Karena bentuknya yang kecil, maka sebaiknya kita memberikan tempat tersendiri untuk inhaler agar tidak terkontaminasi dengan barang yang lain.