Mengenal HIV-AIDS

DokterSehat.Com – HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yaitu virus yang menyebabkan penyakit AIDS. AIDS merupakan singkatan dari: Acquired : didapat, bukan keturunan, Immune : sistem kekebalan, Deficiency : kekurangan, Syndrome : Kumpulan gejala. Jadi, AIDS adalah nama penyakit akibat infeksi virus HIV dengan sekumpulan gejala akibat kekurangan sistem kekebalan.

doktersehat-hiv-aids-antibodi-obat

Bagaimana sifat virus HIV?
HIV termasuk virus RNA yang bila menginfeksi manusia bisa dirubah menjadi DNA dan berintegrasi dengan DNA sel yang dinfeksinya. Virus HIV ini mudah mati apabila keluar dari tubuh manusia, terutama akibat panaas, sinar matahari, dan bahan-bahan antiseptik. Virus ini tidak dengan mudah menular kecuali terjadi kontak langsung yang erat dan adanya luka terbuka. Virus HIV juga hanya hidup pada tubuh manusia, tidak terbukti berkembang pada hewan maupun serangga.

Bagaimana perjalanan penyakit HIV sampai AIDS?

  1. Fase infeksi primer (3-6 bulan), gejalanya seperti sakit flu (demam, pusing, pembesaran kelenjar getah bening), yang dapat membaik sendiri dalam beberapa hari.
  2. Fase asimtomatik/ tanpa gejala (5-10 tahun), pada fase ini penderita tidak mengalami gangguan klinik yang nyata, penderita merasa sehat. Dalam fase ini, penyakit ini dapat menular ke orang lain.
  3. AIDS, dimana telah terjadi kerusakan sel T4 dalam jumlah banyak, sistem kekebalan tubuh menurun, dan terjadi infeksi oportunistik.

Bagaimana cara penularan AIDS?
Prinsipnya: darah atau cairan tubuh penderita HIV positif masuk melalui luka pada tubuh orang yang tertular dapat melalui parenteral ( jarum suntik, tatto, transfusi darah), hubungan seksual, vertikal dari ibu ke anak (saat janin dalam kandungan, ASI).

Apakah HIV-AIDS bisa sembuh?
Saat ini sudah ada obat-obat anti HIV namun hanya bisa menekan virus yang sedang berkembang biak bukan untuk menyembuhkan.

Baca Juga:  Gambas - Pengobatan Alternatif

Bagaimana cara mencegah infeksi HIV?

  • Absentia, yaitu tidak berhubungan seksual sebelum menikah
  • Be faithful, yaitu setia dengan pasangan, tidak berhubungan seksual dengan selain pasangan
  • Condom, yaitu gunakan kondom bila berhubungan dengan bukan pasangan
  • Drug, hindari narkotika suntik dan jangan menggunakan jarum suntik yang tidak steril