Mengenal Hematoma, Munculnya Bintik-Bintik Darah Kecil Pada Tubuh

DokterSehat.Com – Kadangkala kita menemukan ada yang aneh pada kulit kita dimana ada sekumpulan bintik-bintik darah dengan ukuran yang kecil yang disertai dengan pembengkakan. Hal ini ternyata dalam dunia medis disebut dengan hematoma. Hematoma sendiri bisa muncul dimana saja karena pembuluh darah pada tubuh tentu tersebar di seluruh bagian tubuh. Selain menyebabkan pembengkakan, hematoma juga bisa menyebabkan rasa nyeri, munculnya warna kulit yang cenderung kemerahan, dan rasa hangat pada bagian tubuh yang terkena hematoma.

doktersehat-sakit-kaki-keseleo-mata-kaki

Sebenarnya, apa sajakah penyebab dari munculnya hematoma ini? Pakar kesehatan menyebutkan jika hematoma kerap kali terjadi karena adanya trauma atau cendera yang kerap kali terjadi karena benturan yang keras, terjatuh, patah tulang, terkiir, atau bahkan bersin yang terjadi yang sangat keras. Hematoma sendiri akan cenderung mudah untuk terjadi pada ibu yang sedang hamil atau baru saja melahirkan. Tak hanya itu, mereka yang mengalami cedera layaknya retak pada tulang, dan wanita yang sedang mengalami menstruasi dimana darah yang keluar dalam bentuk menggumpal juga akan memicu munculnya hematoma.

Ada banyak sekali jenis dari hematoma, namun, biasanya klasifikasi dari hematoma ini berdasarkan dimana hematoma ini ditemukan pada bagian tubuh. Sebagai contoh, hematoma telinga terjadi pada bagian bawah kulit telinga dan disebabkan oleh adanya pendarahan pada struktur tulang rawan pada telinga, hematoma payudara yang terjadi akibat pendarahan internal pada payudara, dan berbagai jenis hematoma lainnya.

Untuk mengobati hematoma, kita cukup hanya mengistirahatkan tubuh dengan cukup. Selain itu, berikan kompres dengan es batu pada bagian tubuh yang terkena hematoma atau akan lebih baik untuk membebat dan menekan bagian tubuh yang terkena hematoma agar pendarahan bisa berhenti. Biasanya, dalam beberapa hari, hematoma akan segera bisa mereda.